Perbedaan penduduk dan Masyarakat

1.      Penduduk

            Penduduk adalah semua orang yang tinggal dan menetap di suatu wilayaah selama 6 bula atau lebbih dan mereka yang tinggal berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan menetap dan secara hukum berhak tinggal dia daerah tersebut.

            Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati sebuah wilayah geografi dan ruang tertentu. Penduduk suatu negara di daerah bisa didefinisikan menjadi 2, yaitu:
a.       Orang yang tinggal di daerah tersebut
b.      Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut

Menurut Dr. Kartomo, penduduk adalah sejumlah orang yang mendiami suatu daerah tertentu. Menurut AA Nurdimn, penduduk adalah sekumpulan orang yang menetap dan juga berdomisili di dalam suatu negara. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penduduk adalah orang-orang yang memutuskan untuk menempati suatu daerah tertentu.

2.      Masyarakat

Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama. Seperti, sekolah, keluarga, perkumpulan, negara semua adalah masyarakat.

Dalam ilmu sosiologi terdapat dua macam masyarakat, yaitu masyarakat peguyuban dan masyarakat petambayan. Masyarakat peguyuban terdapat hubungan pribadi antara anggota-anggota yang menimbulkan suatu ikatan batin antara mereka. Kalau pada mayrakat petambayan terdapat hubungan pamrih antara anggota-anggota lainnnya.

Unsur-unsur suatu masyarakat yaitu, harus ada perkumpulan manusia dan harus banyak, telaah bertempat tinggal dalam waktu lama disuatu daerah tertentu dan adanya aturan atau undang-undang yang mengatur masyarakat untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.


Komentar

Postingan Populer