Pengertian Kebudayaan Menurut para ahli

Pengertian kebudayaan menurut para ahli luar negeri :

      1. Croydon
    Budaya adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah amabang batas kesadaran, namn semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senara dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

      2. Nostrand
    Budaya adalah sebagai sikao dan kepercayaan, cara berpikir, berperilaku dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

      3. Ralph Linton
    Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan dari masyarakat yang manapun ataureguler tidak hanya mengenai senagian dari cara hidup Name of ITU yaitu masyarakat yang dianggap lebih diingikan dibuat tinggi atau lebih.

       4. Sir Edwards B Tylor
    Kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari ide dan segala sesuatu yang dihasilkan manusia kesawan pengalaman historisnya. Termasuk disini adalah pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, kebiasaan, kemampuan lainnya serta terapi dan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

      5. Dr. K. Kupper
    Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pediman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik individu maupun kelompok.

      6. William H. Haviland
    Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.

      7. Francis Merill
    Kebudayaan merupakan pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi social, semua perilaku yang dihasilkan oleh serorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.

      8. Mitchell
    Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan aau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar dialihkansecara genetikal.

      9. Robert H Lowie
    Kebudaayan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakt, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

Pengertian kebudayaan menurut pra ahli dalam negeri:

      1. Djojodigono
    Kebudayaan adalah dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

      2. Drs. Sidi Gazalba
    Kebudayaan adalah cara berpikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

      3. Mangunsakoro
    Kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

      4. Dr. Moh. Hatta
    Kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

      5. Sutan Takdir Alisyahbana
    Kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berfikir.

      6. Prasudi Suparlan
    Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginteprestasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya.

      7. Effat al-Syarqawi
    Kebuadayaan adalah khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksian bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu.

      8. Arkeolog R. Seokmono
    Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

      9. Ki Hajar Dewantara
    Kebudayaan adalah hasil perjuanganterhadapa dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakn  bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penhidupannya guna mencapai kesalamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

  10. Prof.Dr.Koentjoroningrat
    Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadian milik dari manusia dengan belajar.


Komentar

Postingan Populer