Sebab yang menimbulkan Semangat berusaha

1.      Apa yang menimbulkan semangat untuk berusaha?
-          Adanya perasaan yang senang, maksudnya jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup kita. Coba nikmati hidup dan jalan yang kita tempuh, jika sejak awal kita ‘tidak suka’ rasanya semangat itu tidak akan pernah kita miliki.
-          Adanya suatu sensasi, maksudnya membangunkan dan membangkitkan gairah setiap memulai hari baru, misalnya hari ini harus jauh lebih baik dari hari kemarin, walau bisa jadi tidak akan, tapi sensasi ini kadang memicu untuk bersemangat untuk lebih baik lagi dari apa yang telah dilakukan kemarin.
-          Adanya pengembangan tujuan, maksudnya tidak terpaku pada satu tujuan yang sederhana saja, tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu kita memerlukan tantangan yang lebih besar, tujuan hidup yang yang besar akan membangkitkan semangat dan kekuatan terserndiri dalam hdup kita.
-          Adanya dorongan dari teman atau orang terdekat, maksudnya kita harus berteman dengan teman-teman yang memiliki semangat tinggi, sedangkan teman-teman yang tidak dapat mendorong untuk kita untuk mencapai tujuan sebaiknya tinggalkan saja. Sebab, seharusnya teman mampu membawa kita untuk perubahan yang lebih baik. Jika berteman dengan orang-orang yang memiliki optimis akan membuat kita berpikir optimis pula. Bersama mereka hidup ini terasa lebih menyenangkan dan bersemangat.
-          Menghilangkan rasa takut, maksudnya saat dibayangin kecemasan ketakutan jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Misalnya takut menghadapi masa depan yang buruk. Datangi dan nikmati rasa takut anda dengan mencoba mengatasinya. Saat kita berhasil mengatasi rasa takut, saat itu kita telah berhasil meningkatkan semangat diri dan akan mendapatkan hidup yang lebih baik.
2.      Apa yang menurunkan antusiasme utuk berusaha?
-          Seringnya membandingkan diri dengan orang lain, maksudnya orang-orang yang sama atau seprofesi dengan kita itu lebih sukses, dan tak jarang membuat kita iri. Padahal semua orang itu sudah punya jalannya sendiri untuk mencapai kesuksesan, tidak adanya istilahnya, orang itu curang dan telah mengambil rezeki kita.
-          Seringnya mencari-cari alasan untuk tidak mengerjakannya, maksudnya menunda-nunda pekerjaan, ini hanya akan membuat kita tidak semangat dan terus menunda pekerjaan yang harus dikerjakan. Mencari-cari alasan ini biasanya karena adanya rasa malas yang sulit untuk dihilangkan.
-          Mengharapkan hasil yang sempurna, maksudnya sesuatu yang diharapk-harapkan tidak terjadi, biasnaya orang yang memiliki sifat ini disebut perfeksionis. Orang perfeksional selalu mengharapkan kesempurnaan. Mereka selalu berharap mendapatkan yang terbaik. Jika tidak mendpatkan, mereka akan kecewa, nah hal ini yang menurunkan antusiasme untuk berusaha.
-          Sering memikirkan kekurangan diri, maksudnya karena sering memikirkan kekurangn akan menurunkan antusiasme dalam diri. Terlalu terfokus pada kekurangan dapat membuat kita merasa menjadi manusia malang.
-          Menganggap masalah kecil sebagai masalah besar, maksudnya menganggap masalah kecil sebagai masalah yang besar akan menurunkan semangat. Padahal, jika kita menganggap masalah itu sebagai masalah yang ringan maka kita akan mudah untuk menyelesaikannya
3.      Menurut kalian mengapa sebagian orang memiliki vitalis untuk mencapai tujuan dan sebagain lain tidak?

Menurut saya, karena seseorang itu memiliki harapan dan tujuan yang sangat tinggi sehingga dengan semangat yang tinggi pula ia harus mencapai tujuan itu. Sedangkan sebagian lagi tidak, karena orang-orang itu tidak memiliki harapan dan semanagat, jadi ia tidak memiliki tujuan untuk keberhasilan.

Komentar

Postingan Populer