Materi Mata Kuliah Desain Pemodelan Grafik# Universitas Gunadarma
Bab 1
1.
Sejarah dan evolusi desain grafis
termasuk teknologinya
Desain Grafis berasal dari 2
buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan
dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan
Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi
dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata,
gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus
dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga
mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang
gambar.
Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis
dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang
grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan
(ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat
langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan
lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata
aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu
pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi.
Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan
berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux,
Perancis.
Lambang/
aksara sebagai alat komunikasi diawali oleh bangsa Punesia (+ 1000 tahun SM),
yang saat itu menggunakan bentuk 22 huruf. Kemudian disempurnakan oleh bangsa
Yunani (+ 400 tahun SM) antara lain dengan mengubah 5 huruf menjadi huruf
hidup. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan
Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya
kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani.
Pada awalnya bangsa Romawi menetapkan alfabet dari Yunani tersebut menjadi 21
huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X,
kemudian huruf Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata
yang berasal dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada
abad pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26.
Ketika
perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua, buku
menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum
ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan.
Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna
memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat
serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf
Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal
dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi lewat bentuk huruf ini karena
ketipis-tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan
keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat dituliskan
dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku.
Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk
huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna
disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art,
grafik, diagram,angka, simbol, desain geometris, peta, gambar dan
lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi.
Dalam bahasa Indonesia, kata “grafis” sering dikaitkan dengan seni
grafis (printmaking) dan desain grafis.Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan
gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain
grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual,
termasuk di dalamnya tipogrfi, ilustrasi, fotografi, pengolahan
gambar, dan tata letak. Perancang grafis atau sering disebut dengan desainer Grafis (bahasa
Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan
ilustrasi,tipogrfi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis
menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur
dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar
tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi
yang berkaitan dengan produk dan publik.
Banyak sekali software-software yang digunakan dalam dunia
Desain Grafis diantaranya adalah : Adobe photoshop, corel draw,
ilustlator dan lain sebagainya… sehingga seorang Desainer Grafis dapat
memilih software andalannya
dalam mengerjakan project Designnya.
Evolusi
desain grafis
(1398-1468)
penemuan teknologi mesin cetak tahun 1447, menyerupai desain Rhineland(Jerman) untuk menghasilkan anggur. merupakan penemuan revolusioner untuk memproduksi buku secara massal dan low cost.
penemuan teknologi mesin cetak tahun 1447, menyerupai desain Rhineland(Jerman) untuk menghasilkan anggur. merupakan penemuan revolusioner untuk memproduksi buku secara massal dan low cost.
(1851)The Great Exhibition - Diselenggarakan di taman Hyde London antara
bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini
menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain,
dalam bangunan yang disebut dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph
Paxton.
(1892)
Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec
Pelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri
Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam
poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia.
(1910)
Modernisme - Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang
juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi
lebih cocok dengan ´bahasa mesin´, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat
ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan ´estetika mesin´.
(1916)
Dadaisme - Dadaism membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan
sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat
yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.
(1916)
De Stijl - De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang
dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van
Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna
dasar dan menggunakan komposisi asimetris
(1918)
Constructivism - Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow
pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk
menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan
moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur
dalam blok asimetris.
(1919)
Bauhaus - dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter
Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu
pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Dunia Pertama, dengan suatu
gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.
(1928-1930)
Gill Sans - Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan
memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis
huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah
gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).
(1931)
Harry Beck - Perancang grafis Harry Back ( 1903-1974) menciptakan peta
bawah tanah London (London Underground Map) pada tahun 1931. Sebuah pekerjaan
abstrak yang mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan pada
kebutuhan pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke stasiun yang
lain dan di mana harus berganti kereta.
(1950s)
International Style - didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an
seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun
1950an. Grid, prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif
menjadi aturan sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan
fungsi universal daripada ungkapan pribadi.
(1951)
Helvetica - Diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss,
Helvetica adalah salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia.
Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf
Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah
menjadi Helvetica pada tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model
ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.
(1960)
Psychedelia and Pop Art - Kultur yang populer pada tahun 1960an seperti
musik, seni, disain dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan
kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai
sebuah reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah
poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp
dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta
eksemplar.
(1984)
Émigré - Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama
untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk
beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu
forum untuk eksperimen tipografi.
2.
Prinsip dasar Desain
1. Keseimbangan (balance)
Sesuai namanya keseimbangan di sini berarti keseluruhan
komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Tidak berat sebelah. Desainer
harus memadukan keseimbangan antara tulisan, warna, atau pun gambar sehingga
tidak muncul kesan berat sebelah. Ada dua pangkal pokok yang dipakai dalam
menerapkan keseimbangan, yaitu keseimbangan simetris dan asimetris. Di mana
simetris berdasarkan pengukuran dari pusat yang menyebar ke arah sisi dan
kanan. Sedangkan asimetris berarti pengaturan yang berbeda dengan berat benda
yang sama di setiap halaman,
2. Kesatuan (unity)
Kesatuan dalam prinsip desain grafis adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Dengan
prinsip kesatuan dapat membantu semua elemen menjadi sebuah kepaduan dan
menghasilkan tema yang kuat, serta mengakibatkan sebuah hubungan yang saling
mengikat. Karena penting adanya menyuguhkan klien sebuah desain yang mengandung
arti yang kuat sesuai dengan tema yang diminta.
3. Ritme (rhythm)
Ritme adalah pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan irama. Bisa
juga berarti pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain grafis.
Irama dihasilkan oleh unsur-unsur yang berbeda dengan pola yang berirama dan
unsur serupa serta konsistensi. Jenis irama meliputi regular,
mengalir(flowing), dan prosesif atau gradual.
4. Penekanan (emphasis)
Dalam setiap bentuk desain ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari
yang lain. Tujuan utama dari penekanan ini adalah untuk mewujudkan hal itu
sehingga dapat mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa yang mau disampaikan
tersalur. Tapi yang perlu diingat adalah tidak semua elemen harus ditonjolkan
karena bila itu terjadi, desain akan berakhir terlalu ramai dan pensan tidak
dapat disampaikan.
5. Proporsi
Proporsi merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian
lain atau bagian dengan elemen keseluruhan. Dapat diartikan pula sebagai
perubuhan ukuran/size tanpa perubahan ukuran panjang, lebar, atau tinggi,
sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
3. Profesi dalam bidang ilmu desain grafis
-
Editorial
Design
Editorial design menuntut kemampuan anda dalam mengatur diagram dan
layout dengan baik. Jika anda tertarik dan senang dengan proses topografi,
posisi ini bisa membuat anda nyaman bekerja. Di sini, anda tidak harus jago
dalam mengoperasikan photoshop dan program desain lainnya, karena anda hanya
akan diberikan tugas membuat hasil suatu desain terlihat lebih bagus dan mudah
dipahami. Biasanya, posisi ini dibutuhkan oleh perusahaan majalah, koran,
percetakan, maupun periklanan.
-
Web
Design
Saat ini, profesi sebagai seorang web design tengah menjadi tren di
Indonesia karena jenjang karirnya yang menggiurkan. Jika anda juga tertarik
dengan per-website-an, maka anda perlu membekali diri dengan kemampuan
photoshop, ilustrator, html/css, serta jenis kode yang lainnya. Sehari-hari
pekerjaan anda akan berhubungan dengan website dan internet, serta pemasaran
online jika diperlukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan web
designer ini diperlukan oleh hampir semua perusahaan di berbagai sektor. Namun
agar karir anda terus meningkat, kami menyarankan pilihlah perusahaan di sektor
teknologi.
-
Photography
Apapun latar belakang ilmu grafis yang anda pelajari, anda bisa berkerja
sebagai seorang fotografer. Hal ini tidak terlepas dari keseharian desainer
grafis yang selalu berhubungan dengan foto dan peralatannya. Meskipun begitu,
dengan mempelajari ilmu fotografi secara serius, anda dapat menghasilkan foto
dengan kualitas lebih tinggi meliputi warna, fokus, komposisi, cahaya, dan
lain-lain. Selain bekerja di perusahaan media, seorang fotografer juga bisa
mendirikan usaha fotografi dan digital agency.
-
Illustration
Menjadi seorang ilustrator tidak jauh berbeda dengan pekerjaan desain
grafis lainnya. Yang membedakan adalah anda membutuhkan waktu yang cukup banyak
untuk memperoleh inspirasi yang baru. Banyak orang yang mengira pekerjaan di
semua bidang desain grafis itu sama saja. Faktanya, seorang ilustrator harus
mampu menemukan ide-ide fresh dan unik untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.
Keahlian ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan periklanan, website, dan
sebagainya.
-
3D
Design/Animation
Desainer animasi bertugas di dalam pembuatan video game dan film-film
berjenis animasi. Butuh keahlian menggambar tinggi tinggi dan imajinasi yang
sangat kuat untuk bekerja di bidang ini. Beberapa program komputer yang harus
dikuasai oleh seorang animator antara lain After Effects, Maya, 3D Max, dan
Flash. Kebutuhan tenaga dengan keahlian ini paling banyak diperlukan oleh
perusahaan-perusahaan di luar negeri, yaitu Amerika Serikat dan Jepang.
-
Corporative
Design
Jika anda mengambil jurusan desain grafis saat kuliah, maka pekerjaan
sebagai Corporative Design akan menjadi posisi bergengsi yang bisa diraih. Di
sektor ini, anda harus menguasai semua keahlian yang pernah dipelajari semasa
kuliah, baik itu perancangan, produksi, print, pembuatan logo, pengeditan, dan
seterusnya. Anda harus mahir menggunakan semua software desain grafis, mampu
berkomunikasi dengan baik, dan merealisasikan keinginan klien. Oleh karena itu,
posisi ini bisa dibilang sebagai posisi paling penting di perusahaan.
-
Environmental
Graphic Design
Seperti namanya, posisi ini menuntut anda berhubungan langsung dengan
lingkungan nyata. Adapun contoh pekerjaan real dari posisi ini yaitu arsitek,
lanskaping, desainer interior, dan drafter. Anda yang menyukai tantangan dan
tertarik dengan proyek perumahan bisa memilih jenjang karir di bidang ini.
-
Academy/Design
Evangelist
Design Evangelist atau pengajar/dosen desain grafis adalah puncak dari
semua karir seorang desainer grafis. Menjadi pengajar berarti anda telah
benar-benar mahir menggunakan semua jenis software desain dan memahami berbagai
unsur dan prinsip desain yang telah
ada. Selain itu, anda juga harus siap untuk menurunkan ilmu yang anda kuasai
kepada semua anak didik anda dan membekali diri dengan teknik mengajar yang
baik.
Bab 2 & 3
1. Elemen-elemenn
dasar desain grafis
Elemen desain adalah satu hal yang terpenting
dalam desain grafis. Hal nyata inilah yang akan mewujudkan prinsip desain.
Layaknya sebuah tonggak yang akan menopang agar tetap kukuh. Elemen adalah
dasar dari desain. Seperti halnya membangun sesuatu, kita tak bisa langsung ke
atas, kita harus mulai dari dasar. Seperti itu pula desain.
Elemen-elemen desain sendiri terdiri atas 6
hal yaitu garis (line), bentuk (shape), tekstur (texture), ruang, ukuran, dan
warna. Tak kenal, maka tak sayang. Yuk, kita bahas satu-satu biar lebih kenal
biar nantinya jadi paham.
1. Garis (Line)
Garis adalah sebuah unsur desain yang
menghubungkan antara satu titik dengan titik lainnya sehingga tergambarlah
sebuah garis dengan bentuk lengkung (curve) atau lurus (straight). Mampu
membuat keteraturan, mengarahkan pandangan dan memberikan kesan bergerak serta
memiliki karakter tertentu. Penggunaan garis dapat diaplikasikan dalam
pembuatan grafik atau bagan.
2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah seperangkat garis yang
ditempatkan berdekatan, memiliki diameter, tinggi dan lebar. Ini merupakan
obyek 2 (dua) dimensi. Berdasarkan sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi
tiga, yaitu huruf, simbol, dan bentuk nyata (form). Selain itu hal ini dapat
digunakan sebagai perantara sebuah ide.
3. Tekstur (Texture)
Tekstur merupakan sebuah visualisasi dari
permukaan yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada prakteknya,
tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda. Tekstur
dapat menambah dimensi dan kekayaan sebuah layout, menegaskan atau membawa ke
dalam sebuah rasa/emosi tertentu.
4. Ruang
Ruang adalah jarak yang memisahkan antar
sesuatu. Biasanya digunakan memisahkan atau menyatukan elemen-elemen layout.
Ruang juga berfungsi sebagai tempat istirahat bagi mata. Dalam bentuk fisiknya,
pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure)
dan latar belakang (background).
5. Ukuran
Ukuran adalah seberapa besar atau kecil
sesuatu hal. Perbandingan ukuran satu bentuk terhadap bentuk lainnya. Dengan
menggunakan elemen ini kamu dapat menciptakan kontras dan penekan (emphasis)
pada obyek desain, sehingga orang akan tahu sisi menarik atau menonjol dari
desain itu dan melihatnya terlebih dahulu.
6. Warna
Warna merupakan media paling akhir dalam
komunikasi simbolik dan yang terpenting.Nyatanya, warna dibagi ke dalam dua
section, warna yang timbul karena sinar (RGB) dan warna yang dibuat dalam unsur
tinta atau cat (CMYK). Dengan warna si desainer dapat menampilkan identitas,
menyampaikan pesan atau menarik perhatian serta menegaskan sesuatu. Agar tidak
salah dalam menginterpretasi suatu maksud dalam desain kamu.
2. Prinsip-prinsip
desain grafis
Dalam ilmu desain grafis, ada beberapa aturan yang
perlu digunakan untuk menyusun elemen desain menjadi sebuah karya
yang tak hanya sesuai tapi juga menarik perhatian audiens. Walaupun penerapan
prinsip-prinsip penyusunan tidak bersifat mutlak, namun karya seni yang
tercipta harus layak disebut karya yang baik. Maka dari itu tetap dianjurkan
menggunakan prinsip-prinsip desain sebagai panduan dalam menghasilkan karya
yang baik.
-
Ruang kosong (white spaces)
Dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam
penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan objek menjadi dominan karena
semua orang sepakat bahwa desain yang terkesan sibuk(penuh) sangat
tidak menarik untuk dilihat. Ruang kosong penting dalam desain dan sering
digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya, untuk memberikan fokus utama kepada
audiens terhadap suatu elemen dalam desain, dan untuk kejelasan pembacaan
sekaligus memberikan kesan professional serta sederhana.
-
Kejelasan (clarity)
Kejelasan atau Clarity mempengaruhi
penafsiran audien akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut mudah
dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu atau makna ganda.
-
Kesederhanaan (simplicity)
Kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak
lebih dan tidak kurang, sering juga diartikan tepat dan tidak berlebihan.
Pencapaian terbaik dari kesederhanaan ialah bisa mendorong audien/penikmat
karya untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh, pesan yang terdapat dalam
karya pun tersampaikan dengan baik secara singkat, padat dan jelas.
Prinsip desain ini juga penting dalam desain,
seperti yang dijelaskan diatas desain yang sibuk tidak menarik untuk dilihat,
jadi cukup buat desain yang bisa menyampaikan pesan secara efektif dengan cara
yang lebih kreatif dan menarik perhatian tanpa menambah hal apapun (yang
tidak perlu) dalam desain. Kesalahan yang paling sering ditemui adalah
pemilihan font yang tidak seirama dengan desain yang dibuat sehingga hasilnya
malah terlihat berantakan, cukup gunakan maksimal 2-3 font saja dalam sebuah
desain tidak lebih dari itu.
-
Emphasis
(point of interest)
Emphasis atau disebut juga pusat perhatian merupakan
pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai
pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik. Buat bagian utama(pesan
utama yang ingin ditampilkan) dari desain berbeda dari yang lain baik
dari segi warna, atau bentuknya agar perhatian audien lebih tertuju pada bagian
utama tersebut
3. Skala
Skala adalah ukuran relatif dari suatu obyek, jika
dibandingkan terhadap obyek atau elemen lain yang telah diketahui ukurannya
(Kusmiati, 1999:14). Skala berhubungan dengan jarak pandang atau penglihatan
dengan unsur-unsur yang telah dimunculkan (faktor keterbacaan). Skala juga
sangat berguna bagi terciptanya kesesuaian bentuk atau obyek dalam suatu
desain.
4.
Rasio matematika dan
system prporsional
System proporsional adalah sistem berpikir logis untuk menarik
kesimpulan berupa pernyataan baru yang nilai kebenarannya telah disepakati
yang berkaitan dengan proporsi (pernyataan) atau rasio.
- Materi – Materi Matematika yang
Berkaitan dengan Penalaran Proporsioonal
a. Aljabar
Aljabar berasal dari bahasa Arab “al-jabr” yang berarti
“pertemuan”, “hubungan” atau “perampungan” yang merupakan cabang matematika.
Bentuk-bentuk seperti 2a, -5b,x3, 3p + 2q disebut sebagai bentuk aljabar.
Misalkan, contoh: pada bentuk aljabar 2a, 2 disebut koefisien, sedangkan a
disebut variabel (peubah). Contoh rasio dalam bentuk aljabar adalah sebagai
berikut:
b. Logika Matematika
Logika Matematika adalah sebuah
cabang matematika yang merupakan gabungan dari ilmu logika dan ilmu matematika.
Logika matematika akan memberikan landasan tentang bagaimana cara mengambil
kesimpulan. Dalam logika matematika,peserta didik dituntut untuk memembandngkan
pernyataan satu dengan pertanyaan lain,dan menalar untuk mendapatkan kesimpulan
yang benar atau salah.
c. Fungsi
Fungsi adalah suatu relasi yang menghubungkan setiap
anggota x dalam suatu himpunan yang disebut daerah asal (Domain) dengan suatu
nilai tunggal f(x) dari suatu humpunan kedua yang disebut daerah kawan
(Kodomain). Himpunan nilai yang diperoleh dari relasi tersebut disebut daerah
hasil (Range).
d. Barisan dan Deret
Dalam materi barisan dan deret selalu melibatkan pola bilangan,dan pola
tersebut selalu memiliki rasio (perbandingan). Biasanya dalam materi barisan
dan deret ini memiliki bentuk soal yang bervariasi,dari soal tersebut siswa
dituntut untuk mengolah informasi dari soal dan memiliki struktur berpikir
untuk membuat strategi yang tepat dalam proses penyelesaiannya.
e.
Kesebangunan
Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat yaitu
panjang sisi-sisi yang bersesuaian dari keduabangun itu memiliki perbandingan
senilai dan sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar.
f. Matriks
Materi
matriks selalu melibatkan operasi hitung,biasanya matriks menggunakan hubungan
miltiplikatif. Contohnya mencari satu nilai yang belum diketahui. Pada masalah
ini, tiga informasi numerik akan diberikan dan satu nilai tidak diketahui.
Tujuan dari masalah ini adalah untuk mencari nilai yang tidak diketahui tadi.
g. Statistika
Grafik dapat didefinisikan sebagai penyajian data berangka atau suatu
tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang berfaedah. Penyajian
data dalam bentuk grafik yang menggambarkan intisari informasi lebih efektif
daripada jika data disajikan dalam bentuk tabel biasa. Tujuan membuat grafik
adalah untuk memperhatikan perbandingan informasi kualitatif dengan cepat dan
sederhana. Beberapa macam grafik yang paling umum digunakan, yaitu grafik
garis, grafik batang, dan grafik lingkaran.
h.. Peluang
Peluang merupakan sebuah rasio yang membandingkan jumlah terjadinya
suatu peristiwa terhadap total kemungkinan semua peristiwa. Penalaran
proporsional membantu siswa memahami rasio-rasio ini, terutama membandingkan
ukuran sampel yang besar dan yang kecil.
5.
Ilusi dan manipulasi ruang grafik
Ilusi
adalah suatu persepsi panca indera yang disebabkan adanya rangsangan panca
indera yang ditafsirkan secara salah. Dengan kata lain, ilusi adalah
interpretasi yang salah dari suatu rangsangan pada panca indera.
6.
Tipografi
Tipografi, seni cetak atau tata
huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada
ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca
semaksimal mungkin.
Dikenal pula seni rupa huruf (type design),
yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf
sebagai elemen utama. Dalam seni rupa huruf, pengertian huruf sebagai lambang
bunyi bisa diabaikan.
Bab 4
1. Proses dan teknik dalam mendesain model
grafik
Berikut adalah proses dari mendesain model
grafik:
-
Mengumpulkan
informasi yang dibutuhkan
Pertama-tama kumpulkan informasi yang diperlukan terlebih
dahulu. Bagi kebanyakan desainer grafis, informasi ini akan datang dari klien.
Bahkan untuk proyek-proyek Anda sendiri. Hal ini sangat penting sebelum
melangkah lebih lanjut.
-
Penelitian dan inspirasi
Banyak perancang menemukan bahwa dengan langsung bekerja
setelah semua detil diterima tidak menghasilkan hasil yang terbaik. Sebaliknya,
kita mungkin ingin mengambil waktu sesaat untuk menemukan inspirasi. Disini
semua penelitian, bentuk desain dan brainstorming bersaing secara bebas.
Tanpa proses desain grafis ini, perancang akan melakukan
pekerjaan yang berulang-ulang, merevisi bagian-bagian yang sama dari desain,
menjadikan pekerjaan tidak efisien. Dengan meluangkan waktu untuk mendapatkan
inspirasi dan mengatur pikiran kita, kita akan benar-benar bekerja lebih cepat
dalam jangka waktu yang panjang.
-
Mencoba bertukar pikiran
Setelah mengumpulkan sumber daya dan gaya penelitian, mungkin
akan datang ide-ide baru. Cobalah beberapa hal yang berbeda, dengan tujuan awal
desain sebagai titik acuan. Jangan hanya asal-asalan, menciptakan sesuatu dan
berhenti di situ. kita tidak hanya akan belajar sesuatu yang baru, kita juga
akan memiliki beberapa gagasan lain untuk ditunjukkan ke klien kita jika mereka
ingin melihat beberapa variasi.
Bab 5
1. Kasus
pemodelan disain grafis yang diperlukan dalam kehidupan/lingkungan sehari-hari
-
Dapat proses pekerjaan
dengan cara menyajikan bentuk grafis.
Seseorang dapat memberikan hasil karya sendiri dengan menyajikan
presentasi pekerjaan berupa gambar, chart, atau sebuah tulisan dengan gaya
desain yang bisa mewakili presentasi pekerjaan. Contohnya adalah proposal.
-
Memperkenalkan dunia
desain grafis kepada masyarakat luas sehingga dapat diimplementasikan di dalam
lingkungannya.
Belajar desain grafis termasuk
gampang-gampang susah. Sama seperti menggambar, semakin sering seseorang
berlatih maka akan semakin bagus pula desainnya.
-
Memperkenalkan kepada
masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.
Sama seperti poin kedua Dengan mengajarkannya
kepada orang lain, selain memperkenalkan desain grafis tersebut juga melatih
skill desainnya menjadi lebih baik.
-
Mempersiapkan masyarakat agar dapat memahami dengan
mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.
Dalam bentuk grafis dapat dicerna dengan baik
mengingat persepsi setiap orang berbeda-beda. Karena itu dengan belajar desain
grafis dapat membantu untuk mengerti pesan dari bentuk grafis tersebut.
-
Menciptakan brending di
dunia bisnis. Kita
bisa berkencimbung di dunia bisnis dan kita bisa mengetahui keadaan bisnis kita.
Desain memberikan peran besar untuk
menciptakan serta meningkatkan penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai
bentuk seperti halnya design web, poster, brosur, flyer, banner dan masih
banyak lainnya. Tidak sedikit orang yang tidak mementingkan desain sebagai
salah satu strategi marketing terdepan.
Bab
6
1. Perangkat lunak disain grafis
-
Adobe
Indesign
Adobe Indesign adalah jenis software desain
grafis yang berada dalam perangkat lunak destop publishing atau biasa dikenal
dengan nama DTP. Adobe Indesign diproduksi oleh Adobe sistem yang bisa anda
gunakan untuk membuat poster, brosur, majalah atau buku. Aplikasi ini banyak
digunakan masyarakat luas untuk melakukan suatu desain dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Adobe
Page Make
Adobe Page Maker adalah perangkat lunak
aplikasi pengolah data yang digunakan untuk mendesain layout buku, cover
majalah atau makalah. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain koran
dan biasa digunakan untuk keperluan undangan, kartu nama, kartu ucapan
dan kop surat.
-
Adobe
Frame Maker
Software Desain Grafis jenis Adobe Frame
Maker adalah perangkat lunak yang menggunakan tampilan XML untuk native penulis
konten tekstur. Berpaduan dengan PDF yang memiliki konten out-off-the-box
integrasi CMS. Aplikasi ini memiliki sistem pempublikasian dengan menggunakan
saluran, format dan layanan HTML5 yang menggunakan penerbit server 10 atau
Adobe teknis komunikasi Site
2. Aplikasi ini biasa menyimpan data dalam bentuk
PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe Air.
-
Macromedia
Freehand
Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi
software desain grafis yang digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis
vector. Software ini bisa digunakan oleh para designer untuk melakukan editing
logo baik kelompok ataupun perusahaann. Namun software ini juga bisa digunakan
untuk melakukan editing pada brosur, kartu nama, undangan dan beberapa kebutuhan
lain.
-
Adobe
Photoshop
Adobe Photoshop adalah software desain grafis
yang secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan
digunakan dalam suatu kepentingan. Aplikasi software desain grafis ini biasa
digunakan oleh para photographer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih
hidup dan nyata. Adobe Photoshop adalah produk terbaik yang pernah dikeluarkan
oleh Adobe Systems. Anda dapat membuat desain poster, spanduk, logo, dan kebutuhan lainnya dengan Adobe
Photoshop.
-
Photo
Shine
Photo shine adalah jenis aplikasi foto
software desain grafis yang biasa digunakan untuk mengabungkan beberapa foto
dalam satu frame. Dalam aplikasi ini berbagai macam bingkai juga ditawarkan
agar anda bisa memilih bingkai yang anda suka. File penyimpanan foto biasa
menggunakan JPG agar gambar mudah disimpan dan dibuka dalam kondisi apapun. Ada
beberapa referensi printer cetak foto yang handal
untuk Anda gunakan di era sekarang ini.
-
Photo
Scape
Sama hal nya dengan PhotoShine dan
PhotoCollage, Photo Scape adalah Software Desain Grafis yang mendukung anda
melakukan editing 2 foto atau lebih. Photo Scape memiliki fitur seperti viewer,
efek gambar (sephia, black and white), emoji, tambahan tulisan dan masih bayak
fiture yang ada dalam aplikasi Phote Scape. Ada pula fitur untuk membuat
animasi gerak dengan menggabungkan minimal 2 layer gambar untuk berganti dengan
hitungan detik.
-
Picture
Manager
Meskipun manager namun kemampuan yang
dimiliki tidak hanya untuk mengolah gambar. Secara khusus fitur ini memiliki
nama lengkap Microsoft Office Picture Manager merupakan software desain grafis
yang memiliki instalasi Microsoft Office didalamnya. Fitur yang ada di dalamnya
juga beraneka ragam seperti brightness dan contrast, re-color, menghilangkan
efek red-eye pada Photo, hingga resize compressing mengubah ukuran Photo.
Bab 7
1.
Konsep
resolusi layar pada perangkat bergerak
Resolusi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah
titik atau pixel yang digunakan untuk menampilkan suatu gambar. Resolusi yang
semakin tinggi berarti semakin banyak pixel yang digunakan untuk menyusun suatu
gambar, sehingga gambar dapat menjadi lebih jelas dan tajam.
Resolusi biasa ditulis dengan format "(banyak pixel
secara horizontal)×(banyak pixel secara vertikal)". Contohnya resolusi
1920×1080 berarti digunakan pixel sebanyak 2073600 untuk menampilkan gambar,
dengan 1920 pixel sebaris secara horizontal dan 1080 pixel sebaris secara vertikal.
Selain dipengaruhi oleh resolusi,
tentunya ketajaman suatu gambar juga dipengaruhi oleh ukuran gambar yang
ditampilkan. Untuk layar dengan resolusi yang sama, gambar pada layar yang
lebih kecil tentunya akan terlihat lebih tajam dibandingkan dengan gambar pada
layar yang lebih besar, sebab pixel-pixel menjadi lebih rapat pada layar yang
lebih kecil. Selain itu jarak dari mata kita ke gambar juga tentunya
mempengaruhi ketajaman gambar, karena semakin dekat maka gambar akan terlihat
lebih besar, sebaliknya semakin jauh maka gambar akan terlihat lebih kecil.
2.
Konsep
layout pada apps perangkat bergerak
Layout adalah komponen dasar
dalam pembentukan UI dan merupakan container utama untuk komponen-komponen lain
pada tampilan aplikasi Android. Dalam satu tampilan aplikasi Android bisa
terdapat lebih dari satu Layout dengan adanya sebuah file XML layout sebagai
parent, dan dimungkinkan adanya nested layout dalam satu file UI XML.
3.
Konsep
tipografi pada apps perangkat bergerak
Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan
memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada huruf
seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum),
kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).
4. Format gambar yang dapat disisipkan dalam apps perangkat
bergerak
Gambar dapat berupa hasil dari foto, gambar
yang telah diedit dan scanning. Berdasarkan cara pembuatannya, format file
gambar dapat dibagi menjadi dua, yaitu: 1. Bitmap Yaitu sebuah gambar yang
terdiri dari kumpulan bit pada memori komputer yang mendefinisikan warna dan
intensitas setiap pixel dari gambar. 2. Vector Yaitu sebuah gambar yang
disimpan dalam bentuk sekumpulan instruksi geometris
5.
Konsep
warna pada apps perangkat bergerak
Warna dalam layout dapat
menyampaikan moods, membuat gambar, menarik perhatian, dan mengidentifikasi
objek. Ketika memilih warna untuk publikasi atau halaman web, tentang apa yang
ingin Anda lakukan dan ke warna apa yang cocok untuk tujuan anda.
Bab 8
1. pemodelan disain grafis yang diperlukan dalam
memperindah tampilan
-
Ruang
Untuk memperindah sebuah karya desain grafis,
maka yang diperlukan adalah ruang. Coba bayangkan apabila sebuah desain grafis
tidak memiliki jarak / ruang antara bentuk satu dengan yang lain, pasti hal ini
akan terasa membingungkan karena setiap bentuk yang digambarkan saling
menempel.
-
Ukuran
Penting untuk mempertimbangkan ukuran, apakah
hendak membuat objek dengan ukuran kecil, besar ataupun yang dominan? Jika
ingin menegaskan ada salah satu objek yang lebih penting daripada keberadaan
objek yang lain, maka buatlah dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan
dengan objek pendukungnya.
-
Warna
Desain grafis adalah sebuah karya-karya yang
selalu kita lihat setiap hari. Agar orang lain tidak menjadi bosan untuk
melihatnya, maka harus dilengkapi dengan unsur warna. Pemilihan warna juga
harus dilakukan dengan tepat, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi kesan
orang yang melihatnya.
Bab 9 & 10
1. Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan
dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak.
-
Autodesk
Maya
Maya adalah sebuah perangkat lunak keluaran
Autodesk. Sangat baik digunakan untuk kamu berkreasi dan permodelan. Maya juga
memiliki alat simulasi yang memudahkan penggunanya. Tentunya banyak orang yang
memanfaatkannya untuk animasi VFX karena kelebihannya itu. Bagaimana tidak,
dengan menambahkan beberapa tulang dan menggunakan teknik rigging, Maya dapat
membuat karakter yang kita buat bergerak. Psst, software ini laris loh di
kalangan animator hollywood.
-
Autodesk 3Ds Max
Secara harfiah 3Ds max adalah kakak dari Maya
dan sama-sama keluaran Autodesk. Dalam beberapa sisi, software ini lebih rumit
dari Maya. Namun, cukup mudah digunakan dalam mode script untuk permainan,
sehingga 3Ds max biasanya digunakan untuk membuat game.
-
Blender
Blender adalah salah satu aplikasi grafik 3D
dari open source paling terkemuka di dunia. Tapi jangan salah, meskipun free
kualitas Blender tidak kalah saing loh. Ia adalah sebuah perangkat lunak yang
memungkinkan pembuatan banyak konten 2D dan 3D, mulai dari modeling, texturing,
lighting, animation dan video post-processing. Sayangnya, software animasi ini
sedikit sulit untuk digunakan.
-
Cinema 4D
Ini adalah software yang dianjurkan untuk
pemula. Karena Cinema tidak serumit 3Ds max dan Maya, serta tidak membutuhkan
spesifikasi komputer tinggi. Namun, hasil yang diperoleh tetap sama baik
seperti software 3D lainnya.
-
Posser
Adalah perangkat lunak 3D yang digunakan
hanya untuk modeling karakter manusia. Hasil yang ditampilkan sangat bagus dan
lebih realistis dari yang lainnya. Sangat mudah juga untuk digunakan.
-
Zbrush
Adalah software yang hanya digunakan untuk
modeling 3D, texturing, dan pahat. Sangat bagus digunakan untuk membuat monster
atau karakter-karakter hasil imajinasi kamu. Kamu juga dapat mengekspor model
3D dari software lainnya untuk memberikan tulang dengan teknik rigging dan
menggerakannya.
-
Autodesk Mudbox
Software yang satu ini mempunyai kegunaan
yang sama seperti Zbrush hanya saja lebih sulit untuk digunakan. Tapi kualitas
yang dihasilkan sangat bagus. Biasanya digunakan untuk permodelan karakter 3D
tingkat tinggi.
-
Carrara
Adalah perangkat lunak keluaran DAZ 3D.
Berbeda dengan yang lainnya, software satu ini digunakan untuk membuat
simulasi. Seperti banjir, kecelakaan mobil, ledakan api, dan lainnya. Carrara
juga bisa mengkomposisikan antara animasi simulasi dan rekaman nyata.
Bab 12
1.
Ragam
layout pada web
Layout sebuah situs web hendaklah
mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen desain yang
memudahkan pembaca untuk mencerna aliran informasi. Perhatikan hierarki dan
keseimbangan layout secara
keseluruhan. Susunan paling umum adalah atas-bawah-kiri-kanan.
Berikut tipsnya:
- Buat susunan atau aliran informasi yang mudah diikuti oleh mata pembaca.
- Susun elemen berdasarkan skala prioritas dari paling penting → penting → kurang penting.
- Sebagian besar orang terbiasa membaca dari kiri ke kanan, maka letakkan main post di sebelah kiri sedangkan sidebar di sebelah kanan.
- Perhatikan pula keseimbangan susunan elemen desain.
Gunakan foto atau ilustrasi dengan resolusi
yang cukup agar tidak blur, minimal 150 PPI. Jika Anda belum familiar dengan
ini, Anda bisa melihatnya di properties. Klik kanan image → properties →
details. Gunakan file PNG agar meskipun ukurannya dikompres, resolusi
dan ketajaman warnanya tidak berubah. Akan lebih baik jika Anda menggunakan
foto atau ilustrasi sendiri.
Jika Anda menggunakan foto dari stock images, pastikan Anda memakai
foto gratis, bukan yang berlisensi seperti Shutterstock, Depositphotos, dll.
Jika menggunakan dari penyedia images berbayar,
pastikan Anda memang MEMBELINYA, bukan hanya mencomot begitu saja dari Internet
lalu menggunakannya di blog Anda. Oh, dan tolong jangan coba-coba mengedit atau
menghilangkan watermark-nya.
Gunakan foto yang relevan dengan konten.
Jika menggunakan foto dari situs web lain,
sebutkan sumbernya berupa direct
link, bukan hanya menyebutkan “Foto: Google”. Sebab Google adalah mesin
pencari, bukan penyedia foto gratis. Jika Anda menggunakan foto sendiri dan
ingin menggunakan watermark,
gunakan watermark sewajarnya.
Iya, itu foto Anda dan Anda tidak ingin siapapun mencurinya, tapi jangan
sampai watermark mengganggu
images secara keseluruhan.
3.
Konsep
warna pada web
Situs web bukan kanvas berisi lukisan
abstrak, kita sedang menyampaikan informasi kepada pembaca, bukan sedang mendistraksi
mata mereka. Yang terpenting dari situs web adalah konten, jangan sampai warna
latar yang Anda gunakan lebih ramai dari konten itu sendiri.
Warna juga memengaruhi psikologi pembaca,
menciptakan mood, bahkan menyelusup ke alam bawah sadar. Warna,
bisa menyampaikan simbol dirinya sendirinya bahkan tanpa disertai oleh teks.
Itu sebabnya mengapa pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dari
desain sebuah web.
Gunakan
warna muda untuk latar dan warna tua untuk teks, bukan sebaliknya. Misalnya, latar
putih atau abu-abu muda untuk latar dan hitam atau abu-abu tua untuk
huruf body text. Jika Anda
tidak yakin dengan pilihan warna yang sesuai, gunakan gradasi abu-abu (grayscale).
Hindari
menggunakan warna-warna primer untuk latar: merah, biru, kuning. Ada jutaan
gradasi warna di dunia ini, Anda bisa memilih satu di antaranya. Pilih hanya
SATU warna yang akan di-highlight.
Untuk variasi, Anda bisa menggunakan warna lain tapi dengan tone yang sama atau gradasi dari
warna utama.
4.
Konsep
resolusi pada layar monitor
Resolusi Layar atau mode tampilan televisi digirtal, layar monitor adalah
jumlah pixel pada setiap dimensi layar. Istilah
dapat menjadi ambigu terutama karena resolusi yang ditampilkan dipengaruhi oleh
faktor-faktor yang berbeda. contohnya, cathode ray tube (CRT), monitor layar datar
(termasuk LCD) tampilan proyeksi menggunakan gambar elemen
susunan tetap (pixel). Hal ini biasanya dinyatakan dalam Lebar × Tinggi, dengan satuan pixel:
misalnya, "1024×768" yang berarti lebarnya 1024 pixel dan tingginya
768 pixel.
5.
Ragam
jenis browser yang digunakan untuk menampilkan web
-
Microsoft Internet Explorer (IE)
Microsoft Internet Explorer (IE) adalah
Perangkat lunak untuk menjelajah dunia maya internet yang berhasil dibuat oleh
Microsoft. Browser ini pertama kali diperkenalkan pada 16 Agustus 1995.
Internet Explorer 8 adalah versi terakhir yang diperbaharui oleh Microsoft.
Internet Explorer 8 kecepatannya jelas lebih cepat dari versi terdahulunya,
mampu mendeteksi kepalsuan sebuah website, mengamankan informasi yang bersifat
pribadi atau sesuatu yang harus dirahasiakan menurut sobat dan masih banyak
lagi keunggulannya.
-
Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (Phoenix) adalah Perangkat
lunak yang dahulunya bernama Mozilla yang dibuat oleh Blake ross. Seiring
berjalannya waktu, blake ross mengembangkan browser mozilla bersama kerabatnya:
Dave Hyatt (pembuat firefox). Atas kerjasamanya dengan dave hyatt, akhirnya
browser ini diberi dan terkenal dengan nama Mozilla Firefox. Browser ini
memiliki penampilan yang cukup sederhana, kinerja yang memuaskan dalam
kecepatannya, baik download maupun upload file.
- Google Chrome
Google Chrome adalah Perangkat lunak yang
dibuat oleh Google yang digunakan untuk menjelajahi internet. Browser ini
adalah hasil pergabungan antara desain minimal dengan teknologi canggih agar
web dapat diakses dengan lebih aman, cepat dan mudah. Google chrome saat ini
menyediakan web browser terbaru mereka, yakni “Google Chrome With 3D”. Browser
ini dapat terwujud karena adanya Hyper Text Markup Language (HTML) 5 merupakan
teks atau file ASCII dan berisikan intruksi agar browser menmpilkan suatu
tampilan grafis pada sebuah halaman web.
- Opera
Opera adalah Web browser yang dikembangkan
oleh perusahaan Opera Software yang berlokasi di Oslo, Norwegia pada tahun
1994. Browser ini bersifat Multi-Platform dan Freeware. Selain untuk web
browser, opera juga datang sebagai IRC client, Email client yang powerfull dan
mampu untuk menampilkan Opera Widget. Opera dapat menampilkan situs web dalam
satu layar, kecepatan akses bisa disamakan dengan browser mozilla firefox dan untuk
soal keamanan opera tidak usah diragukan lagi.
Bab
13
1. Proses berpikir secara detail untuk kasus
pemodelan disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan web
a. Keserasian
Hal pertama sebelum mendesain blog adalah
mengkaji desain yang bagaimana yang paling cocok untuk diterapkan di blog anda.
Jangan sampai salah. Sebaiknya anda mencari referensi dulu desain yang seperti
apa yang cocok dengan topik blog anda. Jika blog anda tentang travel, sebaiknya
anda kunjungi dulu web/blog terkenal yang membahas travel. sekedar untuk
referensi.
Poin ini sebaiknya diingat selama anda
melakukan langkah-langkah desain blog. Setiap yang tampil di blog anda harus
sesuai dengan topik blog anda, atau setidaknya tidak mengacau (OOT).
b. Kebergunaan
Dalam mendesain blog, anda harus
memperhatikan widget-widget, Call to action, link dan apapun yang
tertampil di blog anda. Kemudian, bayangkanlah anda menjadi seorang pengunjung
blog yang sangat awam. Lalu, pikirkan apa yang akan pengunjung rasakan ketika
melihat blog anda. Apakah mereka akan merasa risih atau merasa terbantu?
Pikirkanlah apakah widget ini diperlukan
pengunjung anda? apakah link ini diperlukan oleh pengunjung blog anda? Jika
anda ragu atas pertimbangan anda sendiri, tak ada salahnya melakukan survey & voting.
Intinya, segala sesuatu yang tampil di blog anda harus memiliki nilai manfaat
bagi pengunjung anda. Jadi, hilangkan hal-hal yang tidak penting.
c. Efektifitas & kesederhanaan
Setelah anda mengerti prinsip kebergunaan,
maka anda tahu widget, link, dan apa saja yang harus ditampilkan di blog anda.
Itu belum selesai. Sekarang, yang harus anda pikirkan adalah apa yang
pengunjung rasakan ketika menggunakan/mengakses semua itu. Umumnya, orang suka
blog yang tidak bertele-tele dan sederhana. Jadi, tampilkan fasilitas di blog
anda dengan seefektif dan sesederhana mungkin. Misalkan mengoreksi anchor link
atau kalimat call to action menjadi 3-5 kata saja, tapi tidak menghilangkan
arti pokoknya. Semakin padat dan jelas, semakin enak dibaca. Selain itu,
kefektifan dan kesederhanaan juga menghemat tenaga anda.
d Navigasi
Navigasi adalah arahan, petunjuk atau jalan
di sebuah blog. Begitulah mungkin singkatnya. Buatlah navigasi yang mudah di
blog anda. Desain anda mungkin sudah disenangi karena 3 poin diatas. Tapi
ketika pengunjung mengunjungi sebuah halaman di blog anda, belum tentu mereka
tetap suka jika navigasi blog anda susah. Contoh cara membuat navigasi yang
mudah misalnya dengan membuat menu utama, memasang breadcrumb, nomor halaman peta situs (site map), artikel terkait, dan
lain-lain. Manjakanlah pengunjung anda dengan navigasi yang mudah.
e. Ketertarikan dan Penyegar Mata
Poin ini adalah inti dalam seni mendesain.
Tujuan mendesain adalah membuat orang tertarik. Dan, dalam mendesain blog,
pikatlah hati pengunjung dengan desain anda yang WOW. Nah, berikut ini adalah 4
elemen desain web yang paling berpengaruh :
-
Gambar & Ikon
Walaupun sudah ada kode CSS untuk manipulasi desain, jangan pernah
remehkan gambar.Desain tanpa gambar itu bagaikan sayur tanpa garam. Gambar yang keren akan
membuat pengunjung anda betah. Masalahnya mungkin ada pada pembuatan gambar
itu. Saya tahu, tidak semua orang bisa menggambar apalagi pakai komputer. Tapi,
selalu ada jalan keluar di setiap masalah.
Bagaimana dengan ikon ? Tulis saja keyword
“Download Iconset for web” di google. Anda akan menemukan ratusan website
penyedia icon yang mengratiskan ikonnya.
-
Warna
Kekuatan warna tidak diragukan lagi dalam
desain. Penyeleksian dan penggabungan warna dapat menghasilkan desain yang
bagus. Saran saya, pakailah warna-warna yang cerah untuk desain blog anda.
Juga, Bedakan teks tertentu dalam sebuah artikel dengan warna. Mata pengunjung
akan terhibur dengan ini. Tapi ingat, jangan pakai warna-warna yang terlihat
berlebihan.Lakukan Riset pada kode heksadesimal atau
perpaduan warna red green blue (RGB) untuk menemukan warna-warna yang keren.
-
Font
Font memiliki posisi penting dalam membuat
pengunjung nyaman saat membaca sesuatu di blog anda. Gunakan font-font catchy
terutama pada bagian teks Call to action, kepala konten, dan
paragraf isi konten anda. Kunjungi layanan Google Font untuk menemukan
font-font yang keren.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
mendesain font dengan kode CSS adalah pada properties Line Height (tinggi
baris), font-family, dan font-size. untuk line height, gunakan
minimal ukuran 1,3 untuk konten (line-height:1.3;). Font family adalah jenis
font yang anda gunakan. Dan untuk font-size, gunakan minimal ukuran 15px untuk
konten (font-size:15px;).
Perhatikan juga warna font. Rekomendasi saya,
gunakan kode warna #333 – #777 (Hitam keabu-abuan) untuk font konten. Font
dengan warna hitam yang terlalu kuat menurut saya kurang catchy.
-
Margin dan Padding
Ini yang kadang dilupakan oleh
para blogger dalam mendesain blognya. Margin dan padding
berfungsi untuk memberi jarak elemen satu dengan yang lainnya. Margin dan
padding akan membuat web terlihat rapi dan tidak terlalu membingungkan, bejibun
dan acak-acakan. Gunakan minimal ukuran 3px untuk margin
maupun padding di tiap elemen web.
g.
Bahasa
Dalam setiap teks Call to Action atau
teks apapun di blog anda, tulislah dengan gaya sendiri yang santai, luwes dan
mudah dimengerti. Hindari pemakaian kata-kata yang tidak awam di mata
pengunjung. Apalagi ketika sedang ada suatu event di blog anda yang
mengharuskan pengunjung berpartisipasi dan mengikuti langkah-langkahnya.
Ingatlah, bahwa tidak semua pengunjung sangat
mengerti dengan web atau komputer. Kadang-kadang bahkan ada yang hampir tidak
tahu bagaimana untuk kembali ke halaman sebelumnya.
h. Desain Responsive
Secara singkat Desain Responsive adalah sifat
desain sebuah situs dimana ketika diakses di perangkat apapun
(PC/NoteBook/IPad/SmartPhone/HP), akan menyesuaikan dengan ukuran layar pada
perangkat. Di era tablet dan SmartPhone ini, desain sebuah web yang responsive
sangat diperlukan agar blog anda tetap menarik pada perangkat apapun yang
pengunjung pakai.
Bab
14 & 15
1.
Perangkat
lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan web
·
Web
Builder Visual (Wysiwyg editor)
Software
yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menyunting website secara visual.
Aplikasi dengan basis Wysiwyg editor ini Anda dapat merancang website dengan
praktis dan mudah. Sehingga tidak memerlukan pengetahuan mendasar tentang
pemrograman sebuah website.
Dengan
memanfaatkan Web Builder Visual ini, Anda bisa menciptakan sebuah website yang
sangat profesional dengan mudah hanya dalam beberapa wakt saja. Jadi, bagi
pemula yang belum mengetahui banyak tentang pemrograman website bisa mencoba
memanfaatkan Web Builder Visual ini.
·
Dreamweaver
Software
untuk pembuatan website lainnya adalah dreamweaver. Software ini bisa Anda
manfaatkan untuk pembuatan website, baik website yang sederhana hingga website
profesional. Untuk memanfaatkan software ini kita bisa mencoba salah satu dari
jenis dreamweaver, yakni macromedia dan adobe.
·
Notepad
Bagi
pemula memang sangat cocok untuk memanfaatkan aplikasi notepad ini untuk
merancang dan membuat sebuah website. Notepad sendiri adalah aplikasi editor
teks yang biasanya digunakan untuk CSS, PHP, HTML dan lain sebagainya. Selain
itu, memanfaatkan aplikasi pembuat website ini tergolong lebih ringan
dibandingkan aplikasi lainnya.
·
CoffeeCup
HTML Editor
Aplikasi
pembuat website secara gratis lainnya adalah CoffeeCup HTML Editor. Namun untuk
versi gratisnya sendiri tidak memiliki beberapa fitur, seperti Image Mapper,
Visual Editor, Website Color Schemer dan CSS Menu Designer. Akan tetapi, Anda
dapat membuat tampilan sebuah blog yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi
CoffeeCup HTML Editor ini.
·
WordPress
Software
lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat sebuah website adalah WordPress.
Seperti kita ketahui, wordpress memiliki 2 jenis yaitu wordpress instan dan
wordpress install / CMS. WordPress instan bisa kita manfaatkan untuk membuat
blog langsung dari situs wordpressnya itu sendiri dengan cara mendaftarkan akun
Anda di sana. Sedangkan wordpress install sendiri bisa dimanfaatkan untuk
membuat sebuah website dengan cara mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lalu
menginstalnya dan mulai merancang website.
sumber:
https://ilmumendesain.blogspot.com/p/sejarah-dan-perkembangan-desain-grafis.html
https://idseducation.com/articles/menyelami-prinsip-prinsip-desain/
https://www.jagodesain.com/2017/06/prinsip-desain-grafis.html
http://teoridesaingrafis.blogspot.com/
https://ilmumendesain.blogspot.com/p/sejarah-dan-perkembangan-desain-grafis.html
https://idseducation.com/articles/menyelami-prinsip-prinsip-desain/
https://www.jagodesain.com/2017/06/prinsip-desain-grafis.html
http://teoridesaingrafis.blogspot.com/
Komentar
Posting Komentar