Materi Mata Kuliah Desain Pemodelan Grafik# Universitas Gunadarma


Bab 1

1.       Sejarah dan evolusi desain grafis termasuk teknologinya
    Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. 

    Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.

    Lambang/ aksara sebagai alat komunikasi diawali oleh bangsa Punesia (+ 1000 tahun SM), yang saat itu menggunakan bentuk 22 huruf. Kemudian disempurnakan oleh bangsa Yunani (+ 400 tahun SM) antara lain dengan mengubah 5 huruf menjadi huruf hidup. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani. Pada awalnya bangsa Romawi menetapkan alfabet dari Yunani tersebut menjadi 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudian huruf Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada abad pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26.

    Ketika perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua, buku menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan. Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi lewat bentuk huruf ini karena ketipis-tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat dituliskan dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku.

    Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram,angka, simbol, desain geometris, peta, gambar  dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi.

    Dalam bahasa Indonesia, kata “grafis” sering dikaitkan dengan seni grafis (printmaking) dan desain grafis.Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

    Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipogrfi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Perancang grafis atau sering disebut dengan desainer Grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi,tipogrfi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

    Banyak sekali software-software yang digunakan dalam dunia Desain Grafis diantaranya adalah : Adobe photoshop, corel draw, ilustlator dan lain sebagainya… sehingga seorang Desainer Grafis dapat memilih software andalannya dalam mengerjakan project Designnya.
Evolusi desain grafis
 (1398-1468)
penemuan teknologi mesin cetak tahun 1447, menyerupai desain Rhineland(Jerman) untuk menghasilkan anggur. merupakan penemuan revolusioner untuk memproduksi buku secara massal dan low cost.

(1851)The Great Exhibition - Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain, dalam bangunan yang disebut dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.

(1892)
Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec
Pelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia.

(1910)
Modernisme - Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan ´bahasa mesin´, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan ´estetika mesin´.

(1916)
Dadaisme - Dadaism membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.

(1916)
De Stijl - De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris

(1918)
Constructivism - Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris.

(1919)
Bauhaus - dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Dunia Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.

(1928-1930)
Gill Sans - Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).

(1931)
Harry Beck - Perancang grafis Harry Back ( 1903-1974) menciptakan peta bawah tanah London (London Underground Map) pada tahun 1931. Sebuah pekerjaan abstrak yang mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan pada kebutuhan pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke stasiun yang lain dan di mana harus berganti kereta.

(1950s)
International Style - didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid, prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal daripada ungkapan pribadi.

(1951)
Helvetica - Diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica adalah salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia. Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah menjadi Helvetica pada tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.

(1960)
Psychedelia and Pop Art - Kultur yang populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta eksemplar.

(1984)
Émigré - Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.

2.      Prinsip dasar Desain

1.    Keseimbangan (balance)
    Sesuai namanya keseimbangan di sini berarti keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Tidak berat sebelah. Desainer harus memadukan keseimbangan antara tulisan, warna, atau pun gambar sehingga tidak muncul kesan berat sebelah. Ada dua pangkal pokok yang dipakai dalam menerapkan keseimbangan, yaitu keseimbangan simetris dan asimetris. Di mana simetris berdasarkan pengukuran dari pusat yang menyebar ke arah sisi dan kanan. Sedangkan asimetris berarti pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap halaman,

2.    Kesatuan (unity)
Kesatuan dalam prinsip desain grafis adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Dengan prinsip kesatuan dapat membantu semua elemen menjadi sebuah kepaduan dan menghasilkan tema yang kuat, serta mengakibatkan sebuah hubungan yang saling mengikat. Karena penting adanya menyuguhkan klien sebuah desain yang mengandung arti yang kuat sesuai dengan tema yang diminta.

3.    Ritme (rhythm)
Ritme adalah pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan irama. Bisa juga berarti pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain grafis. Irama dihasilkan oleh unsur-unsur yang berbeda dengan pola yang berirama dan unsur serupa serta konsistensi. Jenis irama meliputi regular, mengalir(flowing), dan prosesif atau gradual.

4.    Penekanan (emphasis)
Dalam setiap bentuk desain ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain. Tujuan utama dari penekanan ini adalah untuk mewujudkan hal itu sehingga dapat mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa yang mau disampaikan tersalur. Tapi yang perlu diingat adalah tidak semua elemen harus ditonjolkan karena bila itu terjadi, desain akan berakhir terlalu ramai dan pensan tidak dapat disampaikan.

5.    Proporsi
Proporsi merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen keseluruhan. Dapat diartikan pula sebagai perubuhan ukuran/size tanpa perubahan ukuran panjang, lebar, atau tinggi, sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

3.      Profesi dalam bidang ilmu desain grafis
-          Editorial Design
    Editorial design menuntut kemampuan anda dalam mengatur diagram dan layout dengan baik. Jika anda tertarik dan senang dengan proses topografi, posisi ini bisa membuat anda nyaman bekerja. Di sini, anda tidak harus jago dalam mengoperasikan photoshop dan program desain lainnya, karena anda hanya akan diberikan tugas membuat hasil suatu desain terlihat lebih bagus dan mudah dipahami. Biasanya, posisi ini dibutuhkan oleh perusahaan majalah, koran, percetakan, maupun periklanan.

-          Web Design
Saat ini, profesi sebagai seorang web design tengah menjadi tren di Indonesia karena jenjang karirnya yang menggiurkan. Jika anda juga tertarik dengan per-website-an, maka anda perlu membekali diri dengan kemampuan photoshop, ilustrator, html/css, serta jenis kode yang lainnya. Sehari-hari pekerjaan anda akan berhubungan dengan website dan internet, serta pemasaran online jika diperlukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan web designer ini diperlukan oleh hampir semua perusahaan di berbagai sektor. Namun agar karir anda terus meningkat, kami menyarankan pilihlah perusahaan di sektor teknologi.

-          Photography
Apapun latar belakang ilmu grafis yang anda pelajari, anda bisa berkerja sebagai seorang fotografer. Hal ini tidak terlepas dari keseharian desainer grafis yang selalu berhubungan dengan foto dan peralatannya. Meskipun begitu, dengan mempelajari ilmu fotografi secara serius, anda dapat menghasilkan foto dengan kualitas lebih tinggi meliputi warna, fokus, komposisi, cahaya, dan lain-lain. Selain bekerja di perusahaan media, seorang fotografer juga bisa mendirikan usaha fotografi dan digital agency.

-          Illustration
Menjadi seorang ilustrator tidak jauh berbeda dengan pekerjaan desain grafis lainnya. Yang membedakan adalah anda membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memperoleh inspirasi yang baru. Banyak orang yang mengira pekerjaan di semua bidang desain grafis itu sama saja. Faktanya, seorang ilustrator harus mampu menemukan ide-ide fresh dan unik untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Keahlian ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan periklanan, website, dan sebagainya.

-          3D Design/Animation
Desainer animasi bertugas di dalam pembuatan video game dan film-film berjenis animasi. Butuh keahlian menggambar tinggi tinggi dan imajinasi yang sangat kuat untuk bekerja di bidang ini. Beberapa program komputer yang harus dikuasai oleh seorang animator antara lain After Effects, Maya, 3D Max, dan Flash. Kebutuhan tenaga dengan keahlian ini paling banyak diperlukan oleh perusahaan-perusahaan di luar negeri, yaitu Amerika Serikat dan Jepang.

-          Corporative Design
Jika anda mengambil jurusan desain grafis saat kuliah, maka pekerjaan sebagai Corporative Design akan menjadi posisi bergengsi yang bisa diraih. Di sektor ini, anda harus menguasai semua keahlian yang pernah dipelajari semasa kuliah, baik itu perancangan, produksi, print, pembuatan logo, pengeditan, dan seterusnya. Anda harus mahir menggunakan semua software desain grafis, mampu berkomunikasi dengan baik, dan merealisasikan keinginan klien. Oleh karena itu, posisi ini bisa dibilang sebagai posisi paling penting di perusahaan.

-          Environmental Graphic Design
Seperti namanya, posisi ini menuntut anda berhubungan langsung dengan lingkungan nyata. Adapun contoh pekerjaan real dari posisi ini yaitu arsitek, lanskaping, desainer interior, dan drafter. Anda yang menyukai tantangan dan tertarik dengan proyek perumahan bisa memilih jenjang karir di bidang ini.

-          Academy/Design Evangelist
Design Evangelist atau pengajar/dosen desain grafis adalah puncak dari semua karir seorang desainer grafis. Menjadi pengajar berarti anda telah benar-benar mahir menggunakan semua jenis software desain dan memahami berbagai unsur dan prinsip desain yang telah ada. Selain itu, anda juga harus siap untuk menurunkan ilmu yang anda kuasai kepada semua anak didik anda dan membekali diri dengan teknik mengajar yang baik.


Bab 2 & 3
1.      Elemen-elemenn dasar desain grafis
    Elemen desain adalah satu hal yang terpenting dalam desain grafis. Hal nyata inilah yang akan mewujudkan prinsip desain. Layaknya sebuah tonggak yang akan menopang agar tetap kukuh. Elemen adalah dasar dari desain. Seperti halnya membangun sesuatu, kita tak bisa langsung ke atas, kita harus mulai dari dasar. Seperti itu pula desain.

    Elemen-elemen desain sendiri terdiri atas 6 hal yaitu garis (line), bentuk (shape), tekstur (texture), ruang, ukuran, dan warna. Tak kenal, maka tak sayang. Yuk, kita bahas satu-satu biar lebih kenal biar nantinya jadi paham.

1.    Garis (Line)
    Garis adalah sebuah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik lainnya sehingga tergambarlah sebuah garis dengan bentuk lengkung (curve) atau lurus (straight). Mampu membuat keteraturan, mengarahkan pandangan dan memberikan kesan bergerak serta memiliki karakter tertentu. Penggunaan garis dapat diaplikasikan dalam pembuatan grafik atau bagan.

2.    Bentuk (Shape)
    Bentuk adalah seperangkat garis yang ditempatkan berdekatan, memiliki diameter, tinggi dan lebar. Ini merupakan obyek 2 (dua) dimensi. Berdasarkan sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu huruf, simbol, dan bentuk nyata (form). Selain itu hal ini dapat digunakan sebagai perantara sebuah ide.

3.    Tekstur (Texture)
    Tekstur merupakan sebuah visualisasi dari permukaan yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda. Tekstur dapat menambah dimensi dan kekayaan sebuah layout, menegaskan atau membawa ke dalam sebuah rasa/emosi tertentu.

4.    Ruang
    Ruang adalah jarak yang memisahkan antar sesuatu. Biasanya digunakan memisahkan atau menyatukan elemen-elemen layout. Ruang juga berfungsi sebagai tempat istirahat bagi mata. Dalam bentuk fisiknya, pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

5.    Ukuran
    Ukuran adalah seberapa besar atau kecil sesuatu hal. Perbandingan ukuran satu bentuk terhadap bentuk lainnya. Dengan menggunakan elemen ini kamu dapat menciptakan kontras dan penekan (emphasis) pada obyek desain, sehingga orang akan tahu sisi menarik atau menonjol dari desain itu dan melihatnya terlebih dahulu.

6.    Warna
    Warna merupakan media paling akhir dalam komunikasi simbolik dan yang terpenting.Nyatanya, warna dibagi ke dalam dua section, warna yang timbul karena sinar (RGB) dan warna yang dibuat dalam unsur tinta atau cat (CMYK). Dengan warna si desainer dapat menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau menarik perhatian serta menegaskan sesuatu. Agar tidak salah dalam menginterpretasi suatu maksud dalam desain kamu.

2.      Prinsip-prinsip desain grafis

    Dalam ilmu desain grafis, ada beberapa aturan yang perlu digunakan untuk menyusun elemen desain menjadi sebuah karya yang tak hanya sesuai tapi juga menarik perhatian audiens. Walaupun penerapan prinsip-prinsip penyusunan tidak bersifat mutlak, namun karya seni yang tercipta harus layak disebut karya yang baik. Maka dari itu tetap dianjurkan menggunakan prinsip-prinsip desain sebagai panduan dalam menghasilkan karya yang baik.

    Lantas apa saja prinsip-prinsip desain tersebut ? dalam desain grafis terdapat 4 prinsip utama yang perlu di perhatikan terkait komunikasi visual dari karya desain, berikut penjelasannya :

    -          Ruang kosong (white spaces)
    Dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan objek menjadi dominan karena semua orang sepakat bahwa desain yang terkesan sibuk(penuh) sangat tidak menarik untuk dilihat. Ruang kosong penting dalam desain dan sering digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya, untuk memberikan fokus utama kepada audiens terhadap suatu elemen dalam desain, dan untuk kejelasan pembacaan sekaligus memberikan kesan professional serta sederhana.
    
    -          Kejelasan (clarity)
    Kejelasan atau Clarity mempengaruhi penafsiran audien akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu atau makna ganda.

    -          Kesederhanaan (simplicity)
    Kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak lebih dan tidak kurang, sering juga diartikan tepat dan tidak berlebihan. Pencapaian terbaik dari kesederhanaan ialah bisa mendorong audien/penikmat karya untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh, pesan yang terdapat dalam karya pun tersampaikan dengan baik secara singkat, padat dan jelas.

Prinsip desain ini juga penting dalam desain, seperti yang dijelaskan diatas desain yang sibuk tidak menarik untuk dilihat, jadi cukup buat desain yang bisa menyampaikan pesan secara efektif dengan cara yang lebih kreatif dan menarik perhatian tanpa menambah hal apapun (yang tidak perlu) dalam desain. Kesalahan yang paling sering ditemui adalah pemilihan font yang tidak seirama dengan desain yang dibuat sehingga hasilnya malah terlihat berantakan, cukup gunakan maksimal 2-3 font saja dalam sebuah desain tidak lebih dari itu.

    -          Emphasis (point of interest)
    Emphasis atau disebut juga pusat perhatian merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik. Buat bagian utama(pesan utama yang ingin ditampilkan) dari desain berbeda dari yang lain baik dari segi warna, atau bentuknya agar perhatian audien lebih tertuju pada bagian utama tersebut

3.      Skala
    Skala adalah ukuran relatif dari suatu obyek, jika dibandingkan terhadap obyek atau elemen lain yang telah diketahui ukurannya (Kusmiati, 1999:14). Skala berhubungan dengan jarak pandang atau penglihatan dengan unsur-unsur yang telah dimunculkan (faktor keterbacaan). Skala juga sangat berguna bagi terciptanya kesesuaian bentuk atau obyek dalam suatu desain.

4.      Rasio matematika dan system prporsional
    System proporsional adalah sistem berpikir logis untuk menarik kesimpulan berupa pernyataan baru yang nilai kebenarannya telah disepakati yang berkaitan dengan proporsi (pernyataan) atau rasio.

-  Materi – Materi Matematika yang Berkaitan dengan Penalaran Proporsioonal
a.    Aljabar
    Aljabar berasal dari bahasa Arab “al-jabr” yang berarti “pertemuan”, “hubungan” atau “perampungan” yang merupakan cabang matematika. Bentuk-bentuk seperti 2a, -5b,x3, 3p + 2q disebut sebagai bentuk aljabar. Misalkan, contoh: pada bentuk aljabar 2a, 2 disebut koefisien, sedangkan a disebut variabel (peubah). Contoh rasio dalam bentuk aljabar adalah sebagai berikut:

b.      Logika Matematika
    Logika Matematika adalah sebuah cabang matematika yang merupakan gabungan dari ilmu logika dan ilmu matematika. Logika matematika akan memberikan landasan tentang bagaimana cara mengambil kesimpulan. Dalam logika matematika,peserta didik dituntut untuk memembandngkan pernyataan satu dengan pertanyaan lain,dan menalar untuk mendapatkan kesimpulan yang benar atau salah.

c.      Fungsi
    Fungsi adalah suatu relasi yang menghubungkan setiap anggota x dalam suatu himpunan yang disebut daerah asal (Domain) dengan suatu nilai tunggal f(x) dari suatu humpunan kedua yang disebut daerah kawan (Kodomain). Himpunan nilai yang diperoleh dari relasi tersebut disebut daerah hasil (Range).

d.      Barisan dan Deret
    Dalam materi barisan dan deret selalu melibatkan pola bilangan,dan pola tersebut selalu memiliki rasio (perbandingan). Biasanya dalam materi barisan dan deret ini memiliki bentuk soal yang bervariasi,dari soal tersebut siswa dituntut untuk mengolah informasi dari soal dan memiliki struktur berpikir untuk membuat strategi yang  tepat dalam proses penyelesaiannya.

e.         Kesebangunan
    Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat yaitu panjang sisi-sisi yang bersesuaian dari keduabangun itu memiliki perbandingan senilai dan sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar.
 
f.           Matriks
    Materi matriks selalu melibatkan operasi hitung,biasanya matriks menggunakan hubungan miltiplikatif. Contohnya mencari satu nilai yang belum diketahui. Pada masalah ini, tiga informasi numerik akan diberikan dan satu nilai tidak diketahui. Tujuan dari masalah ini adalah untuk mencari nilai yang tidak diketahui tadi.

g.          Statistika
    Grafik dapat didefinisikan sebagai penyajian data berangka atau suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang berfaedah. Penyajian data dalam bentuk grafik yang menggambarkan intisari informasi lebih efektif daripada jika data disajikan dalam bentuk tabel biasa. Tujuan membuat grafik adalah untuk memperhatikan perbandingan informasi kualitatif dengan cepat dan sederhana. Beberapa macam grafik yang paling umum digunakan, yaitu grafik garis, grafik batang, dan grafik lingkaran.

h..    Peluang
    Peluang merupakan sebuah rasio yang membandingkan jumlah terjadinya suatu peristiwa terhadap total kemungkinan semua peristiwa. Penalaran proporsional membantu siswa memahami rasio-rasio ini, terutama membandingkan ukuran sampel yang besar dan yang kecil.

5.      Ilusi dan manipulasi ruang grafik
    Ilusi adalah suatu persepsi panca indera yang disebabkan adanya rangsangan panca indera yang ditafsirkan secara  salah. Dengan kata lain, ilusi adalah interpretasi yang salah dari suatu rangsangan pada panca indera. 

6.      Tipografi
    Tipografiseni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
    
    Dikenal pula seni rupa huruf (type design), yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni rupa huruf, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Bab 4

1.      Proses dan teknik dalam mendesain model grafik
Berikut adalah proses dari mendesain model grafik:

-          Mengumpulkan informasi yang dibutuhkan
    Pertama-tama kumpulkan informasi yang diperlukan terlebih dahulu. Bagi kebanyakan desainer grafis, informasi ini akan datang dari klien. Bahkan untuk proyek-proyek Anda sendiri. Hal ini sangat penting sebelum melangkah lebih lanjut.

-          Penelitian dan inspirasi
    Banyak perancang menemukan bahwa dengan langsung bekerja setelah semua detil diterima tidak menghasilkan hasil yang terbaik. Sebaliknya, kita mungkin ingin mengambil waktu sesaat untuk menemukan inspirasi. Disini semua penelitian, bentuk desain dan brainstorming bersaing secara bebas.
       
    Tanpa proses desain grafis ini, perancang akan melakukan pekerjaan yang berulang-ulang, merevisi bagian-bagian yang sama dari desain, menjadikan pekerjaan tidak efisien. Dengan meluangkan waktu untuk mendapatkan inspirasi dan mengatur pikiran kita, kita akan benar-benar bekerja lebih cepat dalam jangka waktu yang panjang.

-          Mencoba bertukar pikiran
    Setelah mengumpulkan sumber daya dan gaya penelitian, mungkin akan datang ide-ide baru. Cobalah beberapa hal yang berbeda, dengan tujuan awal desain sebagai titik acuan. Jangan hanya asal-asalan, menciptakan sesuatu dan berhenti di situ. kita tidak hanya akan belajar sesuatu yang baru, kita juga akan memiliki beberapa gagasan lain untuk ditunjukkan ke klien kita jika mereka ingin melihat beberapa variasi.

Bab 5

1.      Kasus pemodelan disain grafis yang diperlukan dalam kehidupan/lingkungan sehari-hari
-          Dapat proses pekerjaan dengan cara menyajikan bentuk grafis. 
    Seseorang dapat memberikan hasil karya sendiri  dengan menyajikan presentasi pekerjaan berupa gambar, chart, atau sebuah tulisan dengan gaya desain yang bisa mewakili presentasi pekerjaan. Contohnya adalah proposal.

-          Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas sehingga dapat diimplementasikan di dalam lingkungannya. 
    Belajar desain grafis termasuk gampang-gampang susah. Sama seperti menggambar, semakin sering seseorang berlatih maka akan semakin bagus pula desainnya.

-          Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis. 
    Sama seperti poin kedua Dengan mengajarkannya kepada orang lain, selain memperkenalkan desain grafis tersebut juga melatih skill desainnya menjadi lebih baik.

-          Mempersiapkan masyarakat agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis. 
    Dalam bentuk grafis dapat dicerna dengan baik mengingat persepsi setiap orang berbeda-beda. Karena itu dengan belajar desain grafis dapat membantu untuk mengerti pesan dari bentuk grafis tersebut.

-          Menciptakan brending di dunia bisnis. Kita bisa berkencimbung di dunia bisnis dan kita bisa mengetahui keadaan bisnis kita.
    Desain memberikan peran besar untuk menciptakan serta meningkatkan penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai bentuk seperti halnya design web, poster, brosur, flyer, banner dan masih banyak lainnya. Tidak sedikit orang yang tidak mementingkan desain sebagai salah satu strategi marketing terdepan.

            Bab 6

1.      Perangkat lunak disain grafis
-          Adobe Indesign
    Adobe Indesign adalah jenis software desain grafis yang berada dalam perangkat lunak destop publishing atau biasa dikenal dengan nama DTP. Adobe Indesign diproduksi oleh Adobe sistem yang bisa anda gunakan untuk membuat poster, brosur, majalah atau buku. Aplikasi ini banyak digunakan masyarakat luas untuk melakukan suatu desain dalam kehidupan sehari-hari.

-          Adobe Page Make
    Adobe Page Maker adalah perangkat lunak aplikasi pengolah data yang digunakan untuk mendesain layout buku, cover majalah atau makalah. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain koran dan biasa digunakan untuk keperluan undangan, kartu nama, kartu ucapan dan kop surat.

-          Adobe Frame Maker
    Software Desain Grafis jenis Adobe Frame Maker adalah perangkat lunak yang menggunakan tampilan XML untuk native penulis konten tekstur. Berpaduan dengan PDF yang memiliki konten out-off-the-box integrasi CMS. Aplikasi ini memiliki sistem pempublikasian dengan menggunakan saluran, format dan layanan HTML5 yang menggunakan penerbit server 10 atau Adobe teknis komunikasi Site 

2. Aplikasi ini biasa menyimpan data dalam bentuk PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe Air.

-          Macromedia Freehand
    Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi software desain grafis yang digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis vector. Software ini bisa digunakan oleh para designer untuk melakukan editing logo baik kelompok ataupun perusahaann. Namun software ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing pada brosur, kartu nama, undangan dan beberapa kebutuhan lain.

-          Adobe Photoshop
    Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan digunakan dalam suatu kepentingan. Aplikasi software desain grafis ini biasa digunakan oleh para photographer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih hidup dan nyata. Adobe Photoshop adalah produk terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Adobe Systems. Anda dapat membuat desain poster, spanduk, logo, dan kebutuhan lainnya dengan Adobe Photoshop.

-          Photo Shine
    Photo shine adalah jenis aplikasi foto software desain grafis yang biasa digunakan untuk mengabungkan beberapa foto dalam satu frame. Dalam aplikasi ini berbagai macam bingkai juga ditawarkan agar anda bisa memilih bingkai yang anda suka. File penyimpanan foto biasa menggunakan JPG agar gambar mudah disimpan dan dibuka dalam kondisi apapun. Ada beberapa referensi printer cetak foto yang handal untuk Anda gunakan di era sekarang ini.

-          Photo Scape
    Sama hal nya dengan PhotoShine dan PhotoCollage, Photo Scape adalah Software Desain Grafis yang mendukung anda melakukan editing 2 foto atau lebih. Photo Scape memiliki fitur seperti viewer, efek gambar (sephia, black and white), emoji, tambahan tulisan dan masih bayak fiture yang ada dalam aplikasi Phote Scape. Ada pula fitur untuk membuat animasi gerak dengan menggabungkan minimal 2 layer gambar untuk berganti dengan hitungan detik.

-          Picture Manager
    Meskipun manager namun kemampuan yang dimiliki tidak hanya untuk mengolah gambar. Secara khusus fitur ini memiliki nama lengkap Microsoft Office Picture Manager merupakan software desain grafis yang memiliki instalasi Microsoft Office didalamnya. Fitur yang ada di dalamnya juga beraneka ragam seperti brightness dan contrast, re-color, menghilangkan efek red-eye pada Photo, hingga resize compressing mengubah ukuran Photo.

Bab 7

1.      Konsep resolusi layar pada perangkat bergerak
    Resolusi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah titik atau pixel yang digunakan untuk menampilkan suatu gambar. Resolusi yang semakin tinggi berarti semakin banyak pixel yang digunakan untuk menyusun suatu gambar, sehingga gambar dapat menjadi lebih jelas dan tajam.
    
    Resolusi biasa ditulis dengan format "(banyak pixel secara horizontal)×(banyak pixel secara vertikal)". Contohnya resolusi 1920×1080 berarti digunakan pixel sebanyak 2073600 untuk menampilkan gambar, dengan 1920 pixel sebaris secara horizontal dan 1080 pixel sebaris secara vertikal.
    
    Selain dipengaruhi oleh resolusi, tentunya ketajaman suatu gambar juga dipengaruhi oleh ukuran gambar yang ditampilkan. Untuk layar dengan resolusi yang sama, gambar pada layar yang lebih kecil tentunya akan terlihat lebih tajam dibandingkan dengan gambar pada layar yang lebih besar, sebab pixel-pixel menjadi lebih rapat pada layar yang lebih kecil. Selain itu jarak dari mata kita ke gambar juga tentunya mempengaruhi ketajaman gambar, karena semakin dekat maka gambar akan terlihat lebih besar, sebaliknya semakin jauh maka gambar akan terlihat lebih kecil.

2.      Konsep layout pada apps perangkat bergerak
    Layout adalah komponen dasar dalam pembentukan UI dan merupakan container utama untuk komponen-komponen lain pada tampilan aplikasi Android. Dalam satu tampilan aplikasi Android bisa terdapat lebih dari satu Layout dengan adanya sebuah file XML layout sebagai parent, dan dimungkinkan adanya nested layout dalam satu file UI XML.

3.      Konsep tipografi pada apps perangkat bergerak
    Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi  melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

4.      Format gambar yang dapat disisipkan dalam apps perangkat bergerak
    Gambar dapat berupa hasil dari foto, gambar yang telah diedit dan scanning. Berdasarkan cara pembuatannya, format file gambar dapat dibagi menjadi dua, yaitu: 1. Bitmap Yaitu sebuah gambar yang terdiri dari kumpulan bit pada memori komputer yang mendefinisikan warna dan intensitas setiap pixel dari gambar. 2. Vector Yaitu sebuah gambar yang disimpan dalam bentuk sekumpulan instruksi geometris

5.      Konsep warna pada apps perangkat bergerak
    Warna dalam layout dapat menyampaikan moods, membuat gambar, menarik perhatian, dan mengidentifikasi objek. Ketika memilih warna untuk publikasi atau halaman web, tentang apa yang ingin Anda lakukan dan ke warna apa yang cocok untuk tujuan anda.

Bab 8
1.      pemodelan disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan
-          Ruang
    Untuk memperindah sebuah karya desain grafis, maka yang diperlukan adalah ruang. Coba bayangkan apabila sebuah desain grafis tidak memiliki jarak / ruang antara bentuk satu dengan yang lain, pasti hal ini akan terasa membingungkan karena setiap bentuk yang digambarkan saling menempel.

-          Ukuran
    Penting untuk mempertimbangkan ukuran, apakah hendak membuat objek dengan ukuran kecil, besar ataupun yang dominan? Jika ingin menegaskan ada salah satu objek yang lebih penting daripada keberadaan objek yang lain, maka buatlah dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan objek pendukungnya.

-          Warna
    Desain grafis adalah sebuah karya-karya yang selalu kita lihat setiap hari. Agar orang lain tidak menjadi bosan untuk melihatnya, maka harus dilengkapi dengan unsur warna. Pemilihan warna juga harus dilakukan dengan tepat, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi kesan orang yang melihatnya.


Bab 9 & 10
1.      Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak.

-           Autodesk Maya
    Maya adalah sebuah perangkat lunak keluaran Autodesk. Sangat baik digunakan untuk kamu berkreasi dan permodelan. Maya juga memiliki alat simulasi yang memudahkan penggunanya. Tentunya banyak orang yang memanfaatkannya untuk animasi VFX karena kelebihannya itu. Bagaimana tidak, dengan menambahkan beberapa tulang dan menggunakan teknik rigging, Maya dapat membuat karakter yang kita buat bergerak. Psst, software ini laris loh di kalangan animator hollywood.

-           Autodesk 3Ds Max
    Secara harfiah 3Ds max adalah kakak dari Maya dan sama-sama keluaran Autodesk. Dalam beberapa sisi, software ini lebih rumit dari Maya. Namun, cukup mudah digunakan dalam mode script untuk permainan, sehingga 3Ds max biasanya digunakan untuk membuat game.

-           Blender
    Blender adalah salah satu aplikasi grafik 3D dari open source paling terkemuka di dunia. Tapi jangan salah, meskipun free kualitas Blender tidak kalah saing loh. Ia adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan banyak konten 2D dan 3D, mulai dari modeling, texturing, lighting, animation dan video post-processing. Sayangnya, software animasi ini sedikit sulit untuk digunakan.

-           Cinema 4D
    Ini adalah software yang dianjurkan untuk pemula. Karena Cinema tidak serumit 3Ds max dan Maya, serta tidak membutuhkan spesifikasi komputer tinggi. Namun, hasil yang diperoleh tetap sama baik seperti software 3D lainnya.

-           Posser
    Adalah perangkat lunak 3D yang digunakan hanya untuk modeling karakter manusia. Hasil yang ditampilkan sangat bagus dan lebih realistis dari yang lainnya. Sangat mudah juga untuk digunakan.

-           Zbrush
    Adalah software yang hanya digunakan untuk modeling 3D, texturing, dan pahat. Sangat bagus digunakan untuk membuat monster atau karakter-karakter hasil imajinasi kamu. Kamu juga dapat mengekspor model 3D dari software lainnya untuk memberikan tulang dengan teknik rigging dan menggerakannya.

-           Autodesk Mudbox
    Software yang satu ini mempunyai kegunaan yang sama seperti Zbrush hanya saja lebih sulit untuk digunakan. Tapi kualitas yang dihasilkan sangat bagus. Biasanya digunakan untuk permodelan karakter 3D tingkat tinggi.

-           Carrara
    Adalah perangkat lunak keluaran DAZ 3D. Berbeda dengan yang lainnya, software satu ini digunakan untuk membuat simulasi. Seperti banjir, kecelakaan mobil, ledakan api, dan lainnya. Carrara juga bisa mengkomposisikan antara animasi simulasi dan rekaman nyata.


Bab 12
1.      Ragam layout pada web
    Layout sebuah situs web hendaklah mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen desain yang memudahkan pembaca untuk mencerna aliran informasi. Perhatikan hierarki dan keseimbangan layout secara keseluruhan. Susunan paling umum adalah atas-bawah-kiri-kanan.

Berikut tipsnya:
  • Buat susunan atau aliran informasi yang mudah diikuti oleh mata pembaca.
  • Susun elemen berdasarkan skala prioritas dari paling penting → penting → kurang penting.
  • Sebagian besar orang terbiasa membaca dari kiri ke kanan, maka letakkan main post di sebelah kiri sedangkan sidebar di sebelah kanan.
  • Perhatikan pula keseimbangan susunan elemen desain.
2.      Format gambar yang dapat disisipkan dalam web
    Gunakan foto atau ilustrasi dengan resolusi yang cukup agar tidak blur, minimal 150 PPI. Jika Anda belum familiar dengan ini, Anda bisa melihatnya di propertiesKlik kanan image → properties → details. Gunakan file PNG agar meskipun ukurannya dikompres, resolusi dan ketajaman warnanya tidak berubah. Akan lebih baik jika Anda menggunakan foto atau ilustrasi sendiri.

    Jika Anda menggunakan foto dari stock images, pastikan Anda memakai foto gratis, bukan yang berlisensi seperti Shutterstock, Depositphotos, dll. Jika menggunakan dari penyedia images berbayar, pastikan Anda memang MEMBELINYA, bukan hanya mencomot begitu saja dari Internet lalu menggunakannya di blog Anda. Oh, dan tolong jangan coba-coba mengedit atau menghilangkan watermark-nya. Gunakan foto yang relevan dengan konten.

    Jika menggunakan foto dari situs web lain, sebutkan sumbernya berupa direct link, bukan hanya menyebutkan “Foto: Google”. Sebab Google adalah mesin pencari, bukan penyedia foto gratis. Jika Anda menggunakan foto sendiri dan ingin menggunakan watermark, gunakan watermark sewajarnya. Iya, itu foto Anda dan Anda tidak ingin siapapun mencurinya, tapi jangan sampai watermark mengganggu images secara keseluruhan.

3.      Konsep warna pada web
    Situs web bukan kanvas berisi lukisan abstrak, kita sedang menyampaikan informasi kepada pembaca, bukan sedang mendistraksi mata mereka. Yang terpenting dari situs web adalah konten, jangan sampai warna latar yang Anda gunakan lebih ramai dari konten itu sendiri.
    
    Warna juga memengaruhi psikologi pembaca, menciptakan mood, bahkan menyelusup ke alam bawah sadar. Warna, bisa menyampaikan simbol dirinya sendirinya bahkan tanpa disertai oleh teks. Itu sebabnya mengapa pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dari desain sebuah web.

    Gunakan warna muda untuk latar dan warna tua untuk teks, bukan sebaliknya. Misalnya, latar putih atau abu-abu muda untuk latar dan hitam atau abu-abu tua untuk huruf body text. Jika Anda tidak yakin dengan pilihan warna yang sesuai, gunakan gradasi abu-abu (grayscale).

    Hindari menggunakan warna-warna primer untuk latar: merah, biru, kuning. Ada jutaan gradasi warna di dunia ini, Anda bisa memilih satu di antaranya. Pilih hanya SATU warna yang akan di-highlight. Untuk variasi, Anda bisa menggunakan warna lain tapi dengan tone yang sama atau gradasi dari warna utama.

4.      Konsep resolusi pada layar monitor

    Resolusi Layar atau mode tampilan televisi digirtallayar monitor  adalah jumlah pixel pada setiap dimensi layar. Istilah dapat menjadi ambigu terutama karena resolusi yang ditampilkan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda. contohnya, cathode ray tube (CRT), monitor layar datar (termasuk LCD) tampilan proyeksi menggunakan gambar elemen susunan tetap (pixel). Hal ini biasanya dinyatakan dalam Lebar × Tinggi, dengan satuan pixel: misalnya, "1024×768" yang berarti lebarnya 1024 pixel dan tingginya 768 pixel.

5.      Ragam jenis browser yang digunakan untuk menampilkan web
-           Microsoft Internet Explorer (IE)
    Microsoft Internet Explorer (IE) adalah Perangkat lunak untuk menjelajah dunia maya internet yang berhasil dibuat oleh Microsoft. Browser ini pertama kali diperkenalkan pada 16 Agustus 1995. Internet Explorer 8 adalah versi terakhir yang diperbaharui oleh Microsoft. Internet Explorer 8 kecepatannya jelas lebih cepat dari versi terdahulunya, mampu mendeteksi kepalsuan sebuah website, mengamankan informasi yang bersifat pribadi atau sesuatu yang harus dirahasiakan menurut sobat dan masih banyak lagi keunggulannya.

-           Mozilla Firefox
    Mozilla Firefox (Phoenix) adalah Perangkat lunak yang dahulunya bernama Mozilla yang dibuat oleh Blake ross. Seiring berjalannya waktu, blake ross mengembangkan browser mozilla bersama kerabatnya: Dave Hyatt (pembuat firefox). Atas kerjasamanya dengan dave hyatt, akhirnya browser ini diberi dan terkenal dengan nama Mozilla Firefox. Browser ini memiliki penampilan yang cukup sederhana, kinerja yang memuaskan dalam kecepatannya, baik download maupun upload file.

-  Google Chrome
    Google Chrome adalah Perangkat lunak yang dibuat oleh Google yang digunakan untuk menjelajahi internet. Browser ini adalah hasil pergabungan antara desain minimal dengan teknologi canggih agar web dapat diakses dengan lebih aman, cepat dan mudah. Google chrome saat ini menyediakan web browser terbaru mereka, yakni “Google Chrome With 3D”. Browser ini dapat terwujud karena adanya Hyper Text Markup Language (HTML) 5 merupakan teks atau file ASCII dan berisikan intruksi agar browser menmpilkan suatu tampilan grafis pada sebuah halaman web.

-   Opera
    Opera adalah Web browser yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Software yang berlokasi di Oslo, Norwegia pada tahun 1994. Browser ini bersifat Multi-Platform dan Freeware. Selain untuk web browser, opera juga datang sebagai IRC client, Email client yang powerfull dan mampu untuk menampilkan Opera Widget. Opera dapat menampilkan situs web dalam satu layar, kecepatan akses bisa disamakan dengan browser mozilla firefox dan untuk soal keamanan opera tidak usah diragukan lagi.

                                Bab 13

1. Proses berpikir secara detail untuk kasus pemodelan disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan web
a.  Keserasian
Hal pertama sebelum mendesain blog adalah mengkaji desain yang bagaimana yang paling cocok untuk diterapkan di blog anda. Jangan sampai salah. Sebaiknya anda mencari referensi dulu desain yang seperti apa yang cocok dengan topik blog anda. Jika blog anda tentang travel, sebaiknya anda kunjungi dulu web/blog terkenal yang membahas travel. sekedar untuk referensi.

    Poin ini sebaiknya diingat selama anda melakukan langkah-langkah desain blog. Setiap yang tampil di blog anda harus sesuai dengan topik blog anda, atau setidaknya tidak mengacau (OOT).

b. Kebergunaan
    Dalam mendesain blog, anda harus memperhatikan widget-widget, Call to action, link dan apapun yang tertampil di blog anda. Kemudian, bayangkanlah anda menjadi seorang pengunjung blog yang sangat awam. Lalu, pikirkan apa yang akan pengunjung rasakan ketika melihat blog anda. Apakah mereka akan merasa risih atau merasa terbantu?

    Pikirkanlah apakah widget ini diperlukan pengunjung anda? apakah link ini diperlukan oleh pengunjung blog anda? Jika anda ragu atas pertimbangan anda sendiri, tak ada salahnya melakukan survey & voting. Intinya, segala sesuatu yang tampil di blog anda harus memiliki nilai manfaat bagi pengunjung anda. Jadi, hilangkan hal-hal yang tidak penting.

c. Efektifitas & kesederhanaan
    Setelah anda mengerti prinsip kebergunaan, maka anda tahu widget, link, dan apa saja yang harus ditampilkan di blog anda. Itu belum selesai. Sekarang, yang harus anda pikirkan adalah apa yang pengunjung rasakan ketika menggunakan/mengakses semua itu. Umumnya, orang suka blog yang tidak bertele-tele dan sederhana. Jadi, tampilkan fasilitas di blog anda dengan seefektif dan sesederhana mungkin. Misalkan mengoreksi anchor link atau kalimat call to action menjadi 3-5 kata saja, tapi tidak menghilangkan arti pokoknya. Semakin padat dan jelas, semakin enak dibaca. Selain itu, kefektifan dan kesederhanaan juga menghemat tenaga anda.

d Navigasi
    Navigasi adalah arahan, petunjuk atau jalan di sebuah blog. Begitulah mungkin singkatnya. Buatlah navigasi yang mudah di blog anda. Desain anda mungkin sudah disenangi karena 3 poin diatas. Tapi ketika pengunjung mengunjungi sebuah halaman di blog anda, belum tentu mereka tetap suka jika navigasi blog anda susah. Contoh cara membuat navigasi yang mudah misalnya dengan membuat menu utama, memasang breadcrumb, nomor halaman peta situs (site map), artikel terkait, dan lain-lain. Manjakanlah pengunjung anda dengan navigasi yang mudah.

e. Ketertarikan dan Penyegar Mata
    Poin ini adalah inti dalam seni mendesain. Tujuan mendesain adalah membuat orang tertarik. Dan, dalam mendesain blog, pikatlah hati pengunjung dengan desain anda yang WOW. Nah, berikut ini adalah 4 elemen desain web yang paling berpengaruh :

-           Gambar & Ikon
Walaupun sudah ada kode CSS untuk manipulasi desain, jangan pernah remehkan gambar.Desain tanpa gambar itu bagaikan sayur tanpa garam. Gambar yang keren akan membuat pengunjung anda betah. Masalahnya mungkin ada pada pembuatan gambar itu. Saya tahu, tidak semua orang bisa menggambar apalagi pakai komputer. Tapi, selalu ada jalan keluar di setiap masalah. 
    Bagaimana dengan ikon ? Tulis saja keyword “Download Iconset for web” di google. Anda akan menemukan ratusan website penyedia icon yang mengratiskan ikonnya.

-           Warna
Kekuatan warna tidak diragukan lagi dalam desain. Penyeleksian dan penggabungan warna dapat menghasilkan desain yang bagus. Saran saya, pakailah warna-warna yang cerah untuk desain blog anda. Juga, Bedakan teks tertentu dalam sebuah artikel dengan warna. Mata pengunjung akan terhibur dengan ini. Tapi ingat, jangan pakai warna-warna yang terlihat berlebihan.Lakukan Riset pada kode heksadesimal atau perpaduan warna red green blue (RGB) untuk menemukan warna-warna yang keren.

-           Font
    Font memiliki posisi penting dalam membuat pengunjung nyaman saat membaca sesuatu di blog anda. Gunakan font-font catchy terutama pada bagian teks Call to action, kepala konten, dan paragraf isi konten anda. Kunjungi layanan Google Font untuk menemukan font-font yang keren.

    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain font dengan kode CSS adalah pada properties Line Height (tinggi baris), font-family, dan font-size. untuk line height, gunakan minimal ukuran 1,3 untuk konten (line-height:1.3;). Font family adalah jenis font yang anda gunakan. Dan untuk font-size, gunakan minimal ukuran 15px untuk konten (font-size:15px;).
    
    Perhatikan juga warna font. Rekomendasi saya, gunakan kode warna #333 – #777 (Hitam keabu-abuan) untuk font konten. Font dengan warna hitam yang terlalu kuat menurut saya kurang catchy.

-           Margin dan Padding
    Ini yang kadang dilupakan oleh para blogger dalam mendesain blognya. Margin dan padding berfungsi untuk memberi jarak elemen satu dengan yang lainnya. Margin dan padding akan membuat web terlihat rapi dan tidak terlalu membingungkan, bejibun dan acak-acakan. Gunakan minimal ukuran 3px untuk margin maupun padding di tiap elemen web.

g.  Bahasa
    Dalam setiap teks Call to Action atau teks apapun di blog anda, tulislah dengan gaya sendiri yang santai, luwes dan mudah dimengerti. Hindari pemakaian kata-kata yang tidak awam di mata pengunjung. Apalagi ketika sedang ada suatu event di blog anda yang mengharuskan pengunjung berpartisipasi dan mengikuti langkah-langkahnya.

    Ingatlah, bahwa tidak semua pengunjung sangat mengerti dengan web atau komputer. Kadang-kadang bahkan ada yang hampir tidak tahu bagaimana untuk kembali ke halaman sebelumnya.

h. Desain Responsive
    Secara singkat Desain Responsive adalah sifat desain sebuah situs dimana ketika diakses di perangkat apapun (PC/NoteBook/IPad/SmartPhone/HP), akan menyesuaikan dengan ukuran layar pada perangkat. Di era tablet dan SmartPhone ini, desain sebuah web yang responsive sangat diperlukan agar blog anda tetap menarik pada perangkat apapun yang pengunjung pakai.

                                    Bab 14 & 15
1.      Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan web
·        Web Builder Visual (Wysiwyg editor)
    Software yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menyunting website secara visual. Aplikasi dengan basis Wysiwyg editor ini Anda dapat merancang website dengan praktis dan mudah. Sehingga tidak memerlukan pengetahuan mendasar tentang pemrograman sebuah website.
    
    Dengan memanfaatkan Web Builder Visual ini, Anda bisa menciptakan sebuah website yang sangat profesional dengan mudah hanya dalam beberapa wakt saja. Jadi, bagi pemula yang belum mengetahui banyak tentang pemrograman website bisa mencoba memanfaatkan Web Builder Visual ini.

·        Dreamweaver
    Software untuk pembuatan website lainnya adalah dreamweaver. Software ini bisa Anda manfaatkan untuk pembuatan website, baik website yang sederhana hingga website profesional. Untuk memanfaatkan software ini kita bisa mencoba salah satu dari jenis dreamweaver, yakni macromedia dan adobe.

·        Notepad

    Bagi pemula memang sangat cocok untuk memanfaatkan aplikasi notepad ini untuk merancang dan membuat sebuah website. Notepad sendiri adalah aplikasi editor teks yang biasanya digunakan untuk CSS, PHP, HTML dan lain sebagainya. Selain itu, memanfaatkan aplikasi pembuat website ini tergolong lebih ringan dibandingkan aplikasi lainnya.

·        CoffeeCup HTML Editor
    Aplikasi pembuat website secara gratis lainnya adalah CoffeeCup HTML Editor. Namun untuk versi gratisnya sendiri tidak memiliki beberapa fitur, seperti Image Mapper, Visual Editor, Website Color Schemer dan CSS Menu Designer. Akan tetapi, Anda dapat membuat tampilan sebuah blog yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi CoffeeCup HTML Editor ini.

·        WordPress
    Software lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat sebuah website adalah WordPress. Seperti kita ketahui, wordpress memiliki 2 jenis yaitu wordpress instan dan wordpress install / CMS. WordPress instan bisa kita manfaatkan untuk membuat blog langsung dari situs wordpressnya itu sendiri dengan cara mendaftarkan akun Anda di sana. Sedangkan wordpress install sendiri bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah website dengan cara mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lalu menginstalnya dan mulai merancang website.






Komentar

Postingan Populer