Studi Kasus mengenai dampak yang terjadi atau yang muncul dari aplikasi New Media (Twitter)

                      Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kiacauan atau tweet. Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet. Pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan sedangkan pengguna terdaftar atau memiliki akun bisa menulis kicauan atau pesan singkat di akun mereka.
                Tingginya  popularitas twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye dan sebagai media komunikasi. Selain itu ada juga dampak-dampak dari penggunaan Twitter ini, ada Dampak Positif dan Negatifnya.
-          Dampak Positif
1.       Sebagai media bersilahturahmi, dengan menggunakan twitter kita bisa berkomunikasi dengan  saudara, teman dan kenalan dari jarak jauh secara cepat tanpa harus bertemu tatap muka langsung.
2.       Media Informasi, dengan menggunakan twitter kita bisa dengan cepat mengetahui informasi-informasi terbaru yang ada.
3.       Memperluas pergaulan, menjangkau lebih luas dan tidak hanya antara teman yang kita kenal,  kita bisa berkenalan dengan orang yang belum kita kenal dan menjadi menambah pertemanan.
4.       Sebagai media promosi, di twitter kita juga bisa memperjual-belikan barang seperti pakaian, kosmetik, tas, sepatu dan lain sebagainya.
5.       Refreshing, dengan bermain twitter kita bisa sedikit refreshing ditengah kepenatan kesibukan kita sehari-hari dan kita bisa meluapkan curhatan-curhatan di postingan twitter.
-          Dampak Negatif
1.       Menghabiskan waktu, karena berjam-jam bermain twitter pekerjaan atau tugas kita jadi terbengkalai.
2.       Menimbulkan permusuhan, terkadang twitter dijadikan sebagai tempat berbalas-balas postingan antar pengguna akun dan sering terjadi konflik.
3.       Kurang bersosialisasi dengan lingkungan, akibat terlalu fokus dengan twitter kebanyakan mereka mengabaikan kehidupan nyata dan sekitarnya.
4.       Menjadi kecanduan atau ketergantungan.
5.       Mudah disalahgunakan.
6.       Sebagai ajang bersaing banyak-banyak followers.
7.       Dapat mengahabiskan uang karena membeli paketan internet untuk membuka twitter 24 jam.
8.       Malas, hanya ingin bermain twitter tanpa melakukan aktivitas lain.
9.       Berkurangnya privasi pribadi, tak jarang ketika kita meluapkan amarah kita mempostingkan permasalahan hidup kita di twitter.
10.   Tidak semua orang menemukan manfaatnya.
Jadi, penggunaan twitter itu memiliki dampak positif dan negatif didalamya. Maka dari itu, kita harus bijak dalam menggunakan sosial media terutama Twitter dan bisa menfaatkan teknologi itu dengan baik dan benar.

sumber:



Komentar

Postingan Populer