Konsep New Media Dan Penerapan New Media Pada Beberapa Situs

New media adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. New adalah baru, sedangkan Media adalah sebuah perantara informasi dengan penerima informasi, atau lebih tepatnya perantara. Jadi, New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan oleh manusia sebelumnya. Baru dalam arti dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, distribusinya dan terbentuk dari interaksi manusia dengan komputer.
Yang membedakan new media dengan media tradisional, bukan digitalisasi konten ke bit melainkan kehidupan yang dinamis dari new media isi dan hubungan interaktif dengan konsumen media itu sendiri, jadi pembedaannya yang paling nampak adalah pengaksesannya secara real time.
Manfaat dari new media itu sangat banyak sekali, bahkan di kehidupan sekarang sangat berpengaruh sekali. diantaranya, sebagai media berkomunikasi dan silahturahmi bersama kerabat atau keluarga yang jaraknya jauh, bisa menjadi media transaksi jual beli online, sarana pendidikan seperti pembelajaran gratis, sebagai informasi tentang berita-berita yang baru saja terjadi dan menjadi media hiburan untuk menghilangkan kejenuhan.
Selain itu ada pula kekurangan dari New Media, yaitu menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi atau Hacker, Penyebaran virus, mudahnya akses situs yang berbau pornografi atau kekerasan dan selain itu kekurangan dari New media adalah memiliki rasa malsa dan kecanduan berlebihan bermain sosial media dan game online. Maka, seharusnya kita sebagai penggunanya harus bijak dalam menggunakan perkembangan New Media ini.
Penerapan new media dalam internet pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat . udah banyak new media yang bisa digunakan untuk membantu kita dalam pencarian informasi, dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Line, WhatsApp dan lain-lain juga suda menerapkan new media.
Berikut Contohnya pada beberapa situs:
Pada bidang sosial seperti Instagram, dengan Instagram kita bisa membagikan foto dan video di beranda, bisa membalas pesan secara privasi yang disebut Direct Massager, selain itu juga bisa memposting Story harian kita yang hanya terlihat selama 24 jam, Intagram juga memiliki fitur untuk Live dan juga Channel TV yang membuat kita semakin mudah mendapatkan informasi dengan mudah.
Pada bidang jual beli seperti Shopee, dengan Shopee kita bisa melakukan pembelian sebuah barang tanpa harus bertemu dengan sang penjual, cukup memilih barang yang kita inginkan, lalu melakukan transaksi dan barang datang.
Pada bidang pendidikan seperti RuangGuru, dengan RuangGuru kita bisa melakukan bimbel (bimbingan belajar) secara online untuk anak SD sampai SMA, di RuangGuru ada rangkuman pembelajaran sesuai jenjang yang diingin, video pembelajaran dari tutor secara online, latihan soal, dan banyak Try Out secara online. Dan masih banyak lainnya penerapan New Media.


Komentar

Postingan Populer